Perkuat Basis Massa, PPP Bakal Ajak Ormas Islam di Beberapa Daerah

Tidak bergantung pada figur ulama

Elite Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sedang berupaya memperkuat jati diri sebagai rumah besar bagi partai Islam di Indonesia.

Menurut Ketua DPW PPP Jawa Tengah, Masrukan Syamsurie, penguatan citra partainya harus dilakukan agar basis massanya tidak terpecah-belah pasca wafatnya Ketua Dewan Majelis Syuro DPP PPP, KH Maimoen Zubair.

"Figur Mbah Moen memang kita akui sangat memberikan pengaruh luar biasa bagi PPP. Karena keulamaan beliau yang sangat kuat dalam menanamkan ideologi di internal partai. Lalu seperti apa nasib PPP dengan wafatnya Mbah Moen?. Saya pastikan kita tetap kuat dan tidak akan melemah," ujar Masrukan saat dikontak IDN Times, Rabu (14/8).

1. PPP menegaskan tak akan bergantung pada satu ulama

Perkuat Basis Massa, PPP Bakal Ajak Ormas Islam di Beberapa DaerahANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Ia menjelaskan, meski figur Mbah Moen telah memberikan peran penting bagi eksistensi partainya, akan tetapi pihaknya tidak akan bergantung pada satu sosok ulama. Sebab, sejak era Reformasi 1998 silam hingga sekarang, PPP terbiasa ditinggalkan oleh ulama-ulama berpengaruh.

Tak jarang banyak kiai PPP yang eksodus dengan membangun parpol baru maupun meloncat ke PKB. 

"Maka PPP tidak hanya mengandalkan figur dari kiai. Tapi kita berpijak pada asas partai Islam yang berdasarkan lambang Ka'bah. Jadinya, mati hidupnya PPP tidak bergantung pada seorang kiai. Sepeninggal Mbah Moen, kita akan berupaya mengembalikan khitoh PPP dengan partai Islam dengan jatidiri partai sebagai rumah besar bagi parpol Islam di Indonesia," cetusnya. 

Baca Juga: Jokowi Minta PPP Setorkan 9 Nama Calon Menteri

2. PPP akan menggalang kekuatan dengan ormas-ormas lawas

Perkuat Basis Massa, PPP Bakal Ajak Ormas Islam di Beberapa DaerahIDN Times/Mela Hapsari

Dalam waktu dekat, pihaknya akan menggalang konsolidasi dengan sejumlah ormas yang mempunyai basis massa di Jateng. 

Masrukan menekankan bahwa partainya perlu merangkul pusat-pusat kekuatan Islam untuk mendongkrak pamor PPP pada masa mendatang. Ia menyatakan, massa Islam sudah terpetakan jelas di Jateng. Yakni Jateng utara punya basis massa NU. Sedangkan Jateng selatan didominasi massa Muhammadiyah.

Baca Juga: Pengasuh Ponpes Al-Itqon Diusulkan Jadi Penerusnya Mbah Moen

3. Akan mengajak Sarekat Islam yang mempunyai pengaruh kuat di Banjarnegara

Perkuat Basis Massa, PPP Bakal Ajak Ormas Islam di Beberapa Daerahwikimedia.org

Salah satu ormas yang akan diajak bergabung dengan PPP adalah Sarekat Islam Indonesia yang sangat mengakar di Kabupaten Banjarnegara. 


"Kita akan perkuat hubungan kita lagi dengan ormas-ormas dan pendiri dari parpol Islam. Pusat-pusat kekuatan Islam akan dirangkul kembali. Kalau di Sumatera Barat ada Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti). Maka di Banjarnegara ada satu yang mengakar teramat kuat yaitu Persatuan Sarekat Islam Indonesia. Nah, itu yang akan kita bujuk untuk dimainkan ke dalam massanya PPP," kata Masrukan.

Baca Juga: Sebelum Mbah Moen Meninggal, Hal Ini Terjadi di Makkah

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya