Permukaan Tanah Semarang Turun Drastis, BBWS Bikin Tanggul Geobox

Komponen tanggul berbahan geotekstil

Semarang, IDN Times - Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana mengebut pembangunan tanggul geobox setinggi 70 sentimeter untuk mengatasi banjir rob yang melanda Kampung Tambaklorok di Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang.

1. Bahan baku tanggul geobox dari serat benang

Permukaan Tanah Semarang Turun Drastis, BBWS Bikin Tanggul GeoboxTanggul jebol di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. (IDN Times/bt/warganet MIK Semar)

Tanggul geobox yang dibangun BBWS panjangnya 340 meter, dengan lebar 1,5 meter. Bahan baku untuk komponen tanggulnya dari geotekstil atau serat benang. 

Lokasi pembangunan tanggul geobox berada di bagian utara Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. 

"Komponen utamanya geotekstil. Lebar tanggul 1,5 meter. Tingginya 70 sentimeter. Kita bangun diatas timbunan tanah jadinya punya total ketinggian 1,9 meter," kata Kepala BBWS Pemali Juana, Muhammad Adek Rizaldi, Jumat (17/6/2022).

Baca Juga: Banjir Terjang 8 Wilayah Pesisir Pantura Jateng, Prediksi BMKG Malah Dicuekin

2. Pembuatan tanggul geobox dipercepat

Permukaan Tanah Semarang Turun Drastis, BBWS Bikin Tanggul GeoboxIlustrasi banjir bandang (IDN Times/Arief Rahmat)

Ia mengaku harus mempercepat pembangunan tanggul geobox lantaran menghindari datangnya gelombang air pasang yang diprediksi BMKG terjadi tanggal 16--23 Juni 2022. Gelombang air pasang diprediksi juga akan muncul lebih besar dari biasanya. 

Modifikasi tanggul dengan pemasangan geobox diklaim dapat menahan hantaman gelombang dan pasang air laut untuk sementara waktu. 

3. Tambaklorok juga dipasangi tanggul dan polder

Permukaan Tanah Semarang Turun Drastis, BBWS Bikin Tanggul GeoboxKampung nelayan di Tambaklorok Semarang. IDN Times/Fariz Fardianto

Sedangkan untuk memperbaiki tanggul yang jebol di PT Glory Industrial Semarang, pihak BBWS juga membangun tanggul beton. Adapun, untuk mengatasi banjir yang kerap menggenangi rumah warga Kampung Tambaklorok, Adek menyampaikan, tanggul akan dibangun sepanjang 1,5 kilometer mulai pekan depan atau minggu keempat bulan Juni 2022.

Tanggul di Tambaklorok tersebu memakai konstruksi tiang pancang atau sheet pile. Adanya pembuatan tanggul laut di Tambaklorok nantinya dilengkapi polder untuk mengatasi banjir yang sulit menuju laut.

Ia mengeklaim, tanggul tiang pancang bisa mengurangi dalam banjir yang melanda di Tambaklorok. 

"Minggu depan sudah bisa lelang tender. Tambaklorok harus dilindungi dengan tanggul laut. Kita buat sheet pile dua lapis. Nantinya kita timbun tanah supaya air laut tidak masuk ke kampung," akunya.

4. Ketinggian tanggul diubah

Permukaan Tanah Semarang Turun Drastis, BBWS Bikin Tanggul GeoboxSejumlah pekerja pelabuhan saat mengerjakan penutupan tanggul yang jebol memakai karung pasir. (Dok Humas Pemprov Jateng)

Berdasarkan pengalaman dari banjir yang menerjang pertengahan Mei 2022, pihaknya juga mengubah ketinggian elevasi tanggul laut lebih dari 3 meter dari rencana semula hanya setinggi 2,7 meter.

"Karena memang penurunan tanah di Semarang sudah terbukti dengan limpasan air laut," ujar Adek. 

Baca Juga: Pesisir Jateng Waspada! BMKG Sarankan Hal ini Cegah Banjir Rob Pantura

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya