Petugas BKSDA Lepasliarkan Kura-Kura Bergerigi di Gunung Celering Jepara

Kura-kura bergerigi gampang dijumpai di Pulau Jawa

Jepara, IDN Times - Sebanyak dua ekor kura-kura bergerigi atau yang punya nama latin cyclemys dentata dilepasliarkan petugas KLHK Pati Barat, Jumat (26/5/2023).

Proses pelepasliaran kura-kura bergerigi dilakukan di sebuah aliran sungai kawasan Cagar Alam Gunung Celering, Kecamatan Donorojo, Jepara. 

 

Baca Juga: Lagi Susuri Gunung Celering, Petugas Temukan Kura-kura Bergerigi yang Nyaris Punah 

1. Kura-kura bergerigi hasil sitaan Balai Pertanian

Petugas BKSDA Lepasliarkan Kura-Kura Bergerigi di Gunung Celering JeparaPelepasliaran kura-kura bergerigi di Gunung Celering Jepara untuk mengembangbiakan populasi satwa liar tersebut. (IDN Times/Dok KPHK Pati Barat)

Menurut Kepala KPHK Pati Barat, Budi Santoso, kura-kura tersebut merupakan hasil pengamanan Balai Karatina Pertanian Semarang yang kemudian diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah.

"Kura-kura bergerigi jenis satwa liar yang tersebar merata hampir di seluruh Indonesia. Disebut sebagai Kura-kura bergerigi karena bagian bawah dari karapasnya berbentuk gerigi," ujar Smbong, sapaan akrabnya. 

2. Dikenal juga dengan sebutan kura-kura daun

Petugas BKSDA Lepasliarkan Kura-Kura Bergerigi di Gunung Celering JeparaPenampakan dua kura-kura bergerigi yang dilepasliarkan petugas KPHK Pati Barat. (IDN Times/Dok KPHK Pati Barat)

Bagi masyarakat di wilayah Asia, kura-kura bergerigi kerap disebut kura-kura daun atau Asian Leaf Turtle. Pasalnya, pada bagian alur karapasnya yang mirip dengan urat daun.

Pelepasliaran kura-kura bergerigi di Gunung Celering atas pertimbangan vegetasi pepohonannya yang masih subur. "Luasnya 1.328 hektare. Letaknya di Kecamatan Donorojo Jepara," terangnya. 

3. Habitat kura-kura bergerigi di Gunung Celering

Petugas BKSDA Lepasliarkan Kura-Kura Bergerigi di Gunung Celering JeparaCagar Alam Celering Jepara tampak ada yang terkikis. (IDN Times/bt)

Gunung Celering sendiri merupakan cagar alam yang dikelola petugas Kesatuan Pengelolaan Hutan Konservasi (KPHK) Pati Barat, BKSDA Jateng.

Kawasan Gunung Celering tergolong masih rimbun vegetasinya. Ia menyampaikan berdasarkan referensi dan pengamatan di lapangan, kawasan ini merupakan salah satu habitat kura-kura bergerigi yang masih baik.

Baca Juga: Rawan Longsor, Ratusan Warga Donorojo Diminta Hentikan Penebangan Pohon di Celering

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya