Polda Jateng Kerahkan 4.390 Personel saat May Day, Janji Bertindak Humanis

Polda akan lakukan pengawalan saat May Day

Semarang, IDN Times - Sebanyak 4.390 personel kepolisian dikerahkan untuk menangani akai demonstrasi peringatan Hari Buruh atau May Day di Jawa Tengah hari ini, Senin (1/5/2023). Untuk di Mapolda Jateng menerjunkan sebanyak 576 personel. 

Baca Juga: May Day 2023, Penolakan UU Cipta kerja Jadi Wacana Utama

1. Polisi klaim sudah koordinasi dengan pemda

Polda Jateng Kerahkan 4.390 Personel saat May Day, Janji Bertindak HumanisKabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Iqbal Alqudusy saat gelar perkara di Ditreskrimum Polda Jateng. (IDN Times/Dok Humas Polda Jateng)

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan pihaknya akan menjamin pengawalan setiap kegiatan yang terkait dengan hari buruh secara humanis.

Penanganan May Day akan tetap berada dalam koridor undang-undang termasuk HAM. Polda Jawa Tengah juga berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait termasuk kepada Pemprov dan Pemda. 

"Kita sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah selaku pemangku wilayah dan ujung tombak dalam penyelesaian masalah perburuhan. Untuk itu, rekan-rekan pekerja silahkan menyalurkan aspirasi secara sehat dan konstruktif. Suarakan lewat saluran yang benar sehingga diperoleh solusi yang tepat," ujar Iqbal. 

2. Ada 4.390 polisi yang dikerahkan saat May Day

Polda Jateng Kerahkan 4.390 Personel saat May Day, Janji Bertindak HumanisIlustrasi personel Brimob (IDN Times/Tata Firza)

Lebih lanjut, Iqbal menerangkan pihaknya sudah menyiagakan 4.390 personel yang tersebar di seluruh polres. Ada juga 576 personel yang bersiaga di Mapolda jika nantinya dibutuhkan untuk bergerak. 

"Sedangkan di Mapolda disiagakan 576 personel dari berbagai fungsi yang sewaktu-waktu siap digeser untuk membantu pengamanan di wilayah," ungkapnya. 

3. Polda Jateng janji lakukan penanganan humanis

Polda Jateng Kerahkan 4.390 Personel saat May Day, Janji Bertindak HumanisDitreskrimsus Polda Jateng bersama Kabid Humas Polda Jateng Kombes Polda M Iqbal Alqudusy saat gelar perkara korupsi yang melibatkan Sekda Pemalang. (Dok Humas Polda Jateng)

Demi ketentraman masyarakat, ia mengimbau setiap kegiatan termasuk unjuk rasa dilakukan secara tertib dan menghargai hak-hak warga lain. "Seperti para pengguna jalan serta masyarakat di lingkungan sekitar lokasi Unra," paparnya. 

Untuk itu, ia mengimbau agar penyampaian pendapat saat May Day dilaksanakan dengan tertib, simpatik dan  mematuhi aturan hukum serta prinsip hak asasi manusia.

"Kegiatan akan kami kawal sesuai SOP dengan mengedepankan upaya preventif dan humanis. Kita berharap seluruh kegiatan berjalan tertib dan lancar," tambahnya. 

Baca Juga: Ombudsman Desak Polda Jateng Bereskan Kasus Calo Bintara: Harus Ada Keadilan Buat Korban!

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya