Polda Jateng Pakai Lima ETLE Drone untuk Cari Target Sasaran

Dirlantas Polda Jateng sedang latihan sama pilot drone

Semarang, IDN Times - Ditlantas Polda Jawa Tengah menyatakan sedang bersiap untuk mengoperasikan perangkat ETLE yang terhubung dengan kamera drone sebagai alat penegakan aturan lalu lintas di seluruh wilayahnya.

Pemakaian ETLE yang terkoneksi dengan drone tersebut menjadi langkah terobosan dari Korlantas Polri bahkan Ditlantas Polda Jateng ditunjuk langsung untuk mengawali penggunaan alat tersebut. 

"Untuk pemakaian drone sementara kerjasama dengan asosiasi ada lima, Dirgakkum sudah mengecek. Korlantas Polri melalui Polda Jateng sedang kolaborasi dengan pilot drone. Latihan sudah dilakukan," kata Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryo Nugroho, Kamis (27/10/2022). 

1. Korlantas perintahkan Polda Jateng pakai ETLE drone

Polda Jateng Pakai Lima ETLE Drone untuk Cari Target SasaranDirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryonugroho memberikan keterangan soal pelanggaran dari rekaman ETLE. (IDN Times/Humas Polda Jateng)

Agus menjelaskan pihak Korlantas Polri telah menginstruksikan kepada dirinya untuk mengoperasikan ETLE yang teknologinya tersambung dengan drone. 

Baca Juga: Sesuai Koordinasi IDI, Polda Jateng Minta Apotek Berikan Obat Puyer Untuk Anak

2. ETLE drone sedang diuji coba

Polda Jateng Pakai Lima ETLE Drone untuk Cari Target Sasaranpexels.com/ Pok Rie

Lebih jauh lagi Agus mengemukakan saat ini menggandeng asosiasi pilot drone guna membekali personelnya dalam mengoperasikan drone di lapangan. 

"Korlantas sudah beri instruksi bahwa ada ETLE statis dan juga ETLE mobile, kita di Jateng sedag uji coba yang terkoneksi dengan drone. Nanti kalau selesai dengan asosiasi pilot drone maka akan dikabarkan ke Korlantas," terangnya. 

3. ETLE drone akan dipakai di sejumlah jalan

Polda Jateng Pakai Lima ETLE Drone untuk Cari Target Sasaranilustrasi drone sedang memantau area kebakaran (kongsberggeospatial.com)

Menurutnya ETLE yang terkoneksi dengan drone bisa difungsikan di semua jalan raya untuk penindakan bagi pelanggar lalu lintas.

Operasional ETLE dengan drone ini akan disesuaikan dengan target sasarannya. Agus mengklaim drone tidak akan memantau semua jalan raya. Sebab, fungsi dan operasionalnya yang lebih paham dari para pilot drone.

"Ya semua di jalan bisa. Cuman untuk operasional tergantung dronenya, mana saja target sasarannya. Gak semua jalan dioperasikan drone. Nanti asosiasi yang paham," cetusnya.

4. Alat ETLE akan ditambah

Polda Jateng Pakai Lima ETLE Drone untuk Cari Target SasaranPhoto by Michał Jakubowski on Unsplash

Ia menekankan untuk mendukung pemakaian drone, pihaknya akan menambah ETLE di Jawa Tengah.

"Alat ETLEnya akan ditambah. Karena cukup banyak pelanggarannya di Jateng. Jadi mengharapkan tidak ada yang dilakukan penindakan dan pelanggaran ETLE," tandasnya. 

Baca Juga: 135.666 Pengendara Kena ETLE Mobile Melanggar di Perbatasan Jateng

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya