10 Potret Ereveld Kalibanteng Semarang, Makam Ikonik Para Perempuan

Ada ribuan prajurit dan warga sipil yang dimakamkan di Ereveld

Semarang, IDN Times - Berada di tepi Jalan Raya Siliwangi, Kota Semarang, terdapat kompleks pemakaman tua peninggalan Belanda. Tempat tersebut bernama Ereveld Kalibanteng. 

Pagar pembatasnya yang rendah dan seolah menyatu dengan pepohonan membuat setiap orang yang lewat pasti selalu menoleh ke Makam Ereveld Kalibanteng. 

Ditilik dari historisnya, Makam Ereveld Kalibanteng pertama kali diresmikan tanggal 22 April 1949. Lokasi tersebut bukan sekedar makam melainkan juga sebagai tempat penghormatan bagi para warga sipil dan tentara Belanda yang gugur di Indonesia pada zaman perang. 

Nah, seperti apa suasana Makam Ereveld Kalibanteng selama masa pandemik COVID-19? Berikut 10 potret kesibukan para pegawai Makam Ereveld Kalibanteng Semarang yang berhasil diabadikan IDN Times.

1. Seorang petugas tampak sibuk memoles tanda makam di bengkel yang terletak di samping sungai Ereveld Kalibanteng

10 Potret Ereveld Kalibanteng Semarang, Makam Ikonik Para PerempuanSeorang pekerja memperbaiki tanda makam di kompleks pemakaman Belanda Ereveld Kalibanteng Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Baca Juga: Pabrik Hygeia Semarang Keok Bisnis Minuman Limun sampai Minyak Orbolin

2. Di dalam bengkel juga ada petugas yang rutin membuat tanda makam dari bahan beton

10 Potret Ereveld Kalibanteng Semarang, Makam Ikonik Para PerempuanProses pembuatan tanda makam yang sedang dikerjakan di dalam bengkel kompleks pemakaman kehormatan Belanda Ereveld Kalibanteng Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

3. Kalau yang ini kesibukan petugas saat menghias tanda makam dengan guratan nama dan simbol khusus

10 Potret Ereveld Kalibanteng Semarang, Makam Ikonik Para PerempuanSalah satu petugas saat menghias tanda makam dengan tulisan dan beberapa simbol. (IDN Times/Fariz Fardianto)

4. Total ada ribuan makam prajurit Belanda maupun warga sipil di Ereveld Kalibanteng. Salah satu tanda makam ada yang berbentuk bintang milik prajurit Yahudi

10 Potret Ereveld Kalibanteng Semarang, Makam Ikonik Para PerempuanPara prajurit Belanda yang beragama Yahudi ditandai dengan tanda makam berbentuk bintang di kompleks pemakaman kehormatan Belanda Ereveld Kalibanteng Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

5. Luas Makam Ereveld Kalibanteng sekitar 6,5 hektar dan dikenal sebagai kompleks makam perempuan

10 Potret Ereveld Kalibanteng Semarang, Makam Ikonik Para PerempuanSalah satu sudut malam khusus perempuan di kompleks Makam Ereveld Kalibanteng. (IDN Times/Fariz Fardianto)

6. Makam Ereveld Kalibanteng terbagi menjadi beberapa bagian. Ada makam perempuan, anak-anak, prajurit Kristen, Katolik hingga Islam

10 Potret Ereveld Kalibanteng Semarang, Makam Ikonik Para PerempuanRibuan tanda makam prajurit dan warga sipil terhampar di Makam Ereveld Kalibanteng Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

7. Ini adalah makam khusus prajurit Muslim yang dulunya menjadi bagian dari pasukan KNIL

10 Potret Ereveld Kalibanteng Semarang, Makam Ikonik Para PerempuanSalah satu pengelola Makam Ereveld Kalibanteng menunjukkan sejumlah makam Muslim yang ditandai dengan hiasan khusus. (IDN Times/Fariz Fardianto)

8. Sebuah monumen Jongenskampen atau Kamp Anak Laki-laki berdiri kokoh di Ereveld Kalibanteng

10 Potret Ereveld Kalibanteng Semarang, Makam Ikonik Para PerempuanKisah seorang anak Belanda yang hidup pada masa pendudukan tentara Jepang di Semarang diabadikan dalam bentuk patung yang berdiri tegak di Kompleks Pemakaman Kehormatan Belanda Ereveld Kalibanteng. (IDN Times/Fariz Fardianto)

9. Kalau patung tembaga satu ini menjadi ciri khas Ereveld Kalibanteng. Patung ini memuat pesan bahwa perempuan memilih senasib dengan anaknya saat masa-masa sulit

10 Potret Ereveld Kalibanteng Semarang, Makam Ikonik Para PerempuanMonumen perempuan menjadi ciri khas dari Ereveld Kalibanteng Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

10. Yang terakhir adalah monumen yang dibuat khusus sebagai penghormatan bagi para wanita Belanda yang gugur saat zaman peperangan

10 Potret Ereveld Kalibanteng Semarang, Makam Ikonik Para PerempuanMonumen penghormatan bagi perempuan yang meninggal dan belum sempat dimakamkan di Ereveld Kalibanteng Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Itu dia sekelumit suasana Makam Ereveld Kalibanteng. Pemerintah Kerajaan Belanda bisa menjadi contoh bagaimana mereka sangat menghormati jasa-jasa rakyatnya.

Jika kamu penasaran, bisa langsung datang ke Ereveld Kalibanteng yang dibuka untuk umum setiap Senin--Jumat dari jam 07.00-16.00 WIB.

Baca Juga: Jejak Panjang Sekolah Watak Bentukan Tan Malaka di Semarang

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya