PPDB Jateng, Anak Nakes Berbondong-bondong Daftar ke SMA Favorit

Ada 6 anak nakes yang daftar ke SMA 5

Semarang, IDN Times - Memasuki proses PPDB Online 2020, sejumlah anak para tenaga kesehatan (nakes) yang menangani COVID-19 mulai berlomba mendaftar ke sekolah favorit. Salah satu tujuan mereka agar bisa meneruskan pendidikannya ke SMA Negeri 5 Semarang. 

Kondisi tersebut terungkap tatkala pengelola SMAN 5 melayani pendaftaran PPDB sejak Senin (17/6) kemarin.

1. Sudah ada enam anak nakes COVID-19 yang daftar ke SMA 5 Semarang

PPDB Jateng, Anak Nakes Berbondong-bondong Daftar ke SMA Favorit(Doc. IDN Times/Istimewa)

Kepala SMAN 5 Semarang, Siswanto mengungkapkan saat ini terdapat enam anak nakes COVID-19 yang memasukan berkas pendaftaran ke sekolahannya melalui aplikasi online.

"Dari kuota jalur afirmasi yang kita sediakan sekitar 5 persen atau 19 siswa, sampai sekarang yang daftar dari kalangan anak tenaga medis sudah ada enam anak. Cuma memang kita perketat aturannya. Yang lolos seleksi cuma dari kalangan tenaga medis yang benar-benar menangani pasien COVID-19," ujar Siswanto kepada IDN Times, Kamis (18/6). 

Baca Juga: Kuota Pendaftar Membeludak, Akses Web PPDB Jateng Ngadat 1 Jam

2. Anak nakes COVID-19 wajib bawa surat rekom dari Dinkes

PPDB Jateng, Anak Nakes Berbondong-bondong Daftar ke SMA FavoritKepsek SMA 5 Semarang menunjukan CCTV yang terpasang di seluruh ruang kelasnya. Fariz Fardianto/IDN Times

Ia bilang anak nakes COVID-19 boleh mendaftar asalkan mengantongi surat rekomendasi dari Dinkes Jateng. Tak cuma itu saja, nama orangtuanya juga harus tercantum dalam daftar petugas COVID-19 yang didata oleh Dinkes. 

Menurutnya pemberian kuota bagi anak nakes merupakan hasil kesepakatan antara Dinkes dengan Disdikbud Jateng sebagai bentuk penghargaan dari pemerintah atas perjuangan petugas medis yang jadi garda terdepan dalam menangani pasien COVID-19.

"Makanya dari pemprov memberikan prioritas buat anak-anak mereka agar dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi," urainya.

3. Siswa berprestasi juga dapat kuota 30 persen

PPDB Jateng, Anak Nakes Berbondong-bondong Daftar ke SMA FavoritIDN Times/Diantari Putri

Ia menjelaskan dari total kuota penerimaan 374 orang, pihaknya juga menyediakan kuota afirmasi untuk warga miskin dan anak panti asuhan sebesar 10 persen. Untuk penerimaan jalur zonasi kuotanya 150 siswa. 

Selain itu, pihaknya memberikan kuota 30 persen bagi siswa berprestasi yang tertarik masuk ke SMA 5. "Jadi kita berikan peluang buat anak berprestasi yang berminat masuk ke sekolah negeri. Kuotanya 30 persen atau berjumlah 113 orang," paparnya.

Untuk saat ini proses pendaftaran siswa baru di sekolahnya sudah masuk hari kedua. Pihaknya membuka tiga layanan berupa pos pengaduan, pos informasi dan pos pendaftaran online bagi warga miskin untuk menampung segala keluhan dari orangtua murid.

"Buat yang dari kalangan warga miskin wajib bawa SKTM dan KIP," pungkasnya. 

Baca Juga: Siswa Miskin Tak Perlu SKTM saat Daftar PPDB Jateng 2020

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya