Purworejo Diterjang Banjir, Ganjar Pranowo: Ini Mampet Gotnya

Ganjar perintahkan PSDA rajin patroli sungai

Cilacap, IDN Times - Sejumlah daerah Jawa Tengah dihantam banjir bandang dengan ketinggian yang bervariasi. Banjir tersebut antara lain terjadi di wilayah Kabupaten Purworejo, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Pati, Kabupaten Kebumen, dan Kabupaten Banyumas. 

1. Anak-anak dan lansia di Kecamatan Butuh terpaksa mengungsi

Purworejo Diterjang Banjir, Ganjar Pranowo: Ini Mampet GotnyaGubernur Jateng Ganjar Pranowo saat meninjau pos pengungsi di Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo. (IDN Times/Humas Pemprov Jateng)

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat meninjau para korban banjir di Purworejo mengatakan, saat ini sebanyak 83 warga Kecamatan Butuh telah mengungsi terutama wanita, anak-anak dan lansia. 

Ketika berada di lokasi banjir Desa Klepu, Kecamatan Butuh, Ganjar melihat banjir setinggi lutut orang dewasa masih merendam rumah-rumah warga. 

Di lokasi banjir, ia ikut menghibur anak-anak dengan mengajak bernyanyi dan membagikan mainan.

"Senang dapat mainan dari pak Ganjar, bisa main rame-rame di sini," kata Rio, seorang anak yang ikut mengungsi.

Baca Juga: Bupati Purworejo Lapor KPK Punya Mini Cooper Rp250 Juta, Murah Banget!

2. Ganjar anggap banjir di Purworejo karena got mampet

Purworejo Diterjang Banjir, Ganjar Pranowo: Ini Mampet GotnyaSeorang bocah mencium tangan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di pengungsian Purworejo. (IDN Times/Humas Pemprov Jateng)

Ganjar menyebut, banjir tak kunjung surut lantaran saluran drainasenya yang mampet. Ia memerintahkan kepada Dinas PSDA Jateng dan perwakilan Kementerian PUPR untuk segera memperbaiki.

"Ini mampet gotnya, coba koordinasikan dengan Bina Marga, disodet semuanya biar air mengalir lancar," katanya dalam keterangan yang didapat IDN Times, Rabu (16/3/2022). 

3. Dinas PSDA diperintahkan rutin patroli sungai

Purworejo Diterjang Banjir, Ganjar Pranowo: Ini Mampet GotnyaANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Ganjar menyebut, hujan yang terjadi belakangan tergolong ekstrem. Curah hujan melebihi 200 milimeter juga mengakibatkan sejumlah tanggul di Purworejo jebol.

"Kita minta BBWS segera memperbaiki. Dinas PSDA saya minta patroli sungai dan mengecek lokasi-lokasi yang rawan. Kalau ada yang kira-kira mendesak diperbaiki, harus segera diperbaiki," ungkapnya.

4. Semua siaga diminta siaga saat cuaca ekstrem

Purworejo Diterjang Banjir, Ganjar Pranowo: Ini Mampet GotnyaIlustrasi Siklon Tropis di Indonesia ( ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Menurutnya, banjir juga terjadi di beberapa wilayah di Jateng. Namun, untuk di Grobogan dan Pati, Ganjar mengklaim sudah surut.

"Di Kebumen laporannya juga sudah surut dan pengungsi sudah kembali. Ini saya mau cek ke sana dan memastikan semua aman. Saya minta BPBD siaga, mencermati laporan BMKG dan menyebarkan pada masyarakat agar semua siap. Dengan kondisi perubahan cuaca ekstrem, tidak ada kata lain selain semua siaga dari bencana," terangnya.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Bawa Air Pusar Bumi ke IKN: Gak Usah Mikir Klenik!

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya