Renang di Waduk Sempor Tengah Malam, Pria Misterius Tiba-tiba Raib

Tim SAR Cilacap juga sulit lacak keluarga korban

Kebumen, IDN Times - Seorang pria kedapatan hilang saat berenang di Waduk Sempor, Kabupaten Kebumen. Semula Tim SAR mendapat laporan dari seorang pemancing yang melihat sosok pria yang berenang menuju ke tengah waduk tersebut, pada Sabtu (11/2/2023) jam 00.00 WIB dini hari. 

Baca Juga: Gempa Megathrust Ancam Pansela, Rumah Warga Kebumen Harus Dibuat Tahan Gempa

1. Awalnya minta rokok, tapi mendadak berenang ke tengah waduk

Renang di Waduk Sempor Tengah Malam, Pria Misterius Tiba-tiba Raibpotret Waduk Sempor (commons.wikimedia.org)

Sebelum menghilang, menurut pengakuan Humas Basarnas Cilacap, Suci Amel, si pemancing sempat terlibat pembicaraan dengan pria misterius tersebut. 

"Awalnya ada pemancing yang lapor ke unit SAR Cilacap, dia bilangnya ada laki-laki saat lagi renang di tengah Waduk Sempor. Nah, sebelum ngilang, pemancing itu sempat dimintai rokok sama laki-laki tersebut. Pas gak lama kemudian, dia lihat laki-laki yang dimaksud berjalan ke pinggir waduk, terus renang. Pas sampai ke tengah waduk, dia mendadak ngilang," kata Suci ketika dikonfirmasi IDN Times via telepon, Minggu (12/2/2023). 

2. Diduga kakinya keram saat renang di Waduk Sempor

Renang di Waduk Sempor Tengah Malam, Pria Misterius Tiba-tiba RaibDengan memakai tabung oksigen dan alat selam yang memadai, seorang personel SAR Cilacap turut mencari tubuh pria di Waduk Sempor Kebumen. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Cilacap)

Suci berkata, sampai sekarang--Minggu (12/2/2023)--, personelnya kesulitan mendeteksi keluarga pria yang hilang secara misterius di Waduk Sempor. Pun dengan warga sekitar yang tak kunjung mendapat kabar dimana keluarga pria tersebut.

"Dan sampai sekarang kita juga gak tahu identitasnya dia. Asal usul keluarganya juga sama sekali belum terlacak. Ada dugaan laki-laki yang hilang di Sempor itu tenggelam karena kakinya keram saat berenang. Ini masuk logika karena kan mungkin kakinya kedinginan saat renang di wuduk pas tengah malam," jelasnya. 

Tak cuma itu saja, Suci dan personel SAR Cilacap lainnya juga menduga pria misterius yang hilang di Waduk Sempor memiliki keterbelakangan mental.

"Mungkin dia juga ada keterbelakangan mental, karena entah kenapa dia kok renang di waduk malam-malam. Yang pasti tida ada unsur bunuh diri," ujar Suci. 

3. Delapan penyelam dikerahkan untuk pencarian di Waduk Sempor

Renang di Waduk Sempor Tengah Malam, Pria Misterius Tiba-tiba RaibDua penyelam dari tim SAR Cilacap terlihat memakai alat lengkap saat melacak tubuh pria misterius yang raib di Waduk Sempor Kebumen. (IDN Times/Dok Humas SAR Cilacap)

Ia mengaku proses pencarian dilakukan tim SAR Cilacap gabungan sejak Minggu Pagi sampai Sore. Ada delapan personel SAR Cilacap yang memiliki kemampuan menyelam turut melacak tubuh pria misterius itu ke dalam waduk. 

Apabila diukur elevasi kedalamannya, kata Suci perairan Waduk Sempor memiliki kedalaman sekitar 6--10 meter.

"Delapan personel yang dilibatkan pencarian di Sempor punya kemampuan menyelam di atas rata-rata. Peralatan yang dipakai mulai dari tiga set alat selam, satu set Aqua Eye, satu set underwater search device, empat set alkom, alat pendukung pencarian bawah air, Rescue Car Type II, Rescue Car Carrier dan satu LCR. Pencarian dilanjutkan besok pagi," ungkapnya. 

4. Pencarian juga dibantu potensi SAR

Renang di Waduk Sempor Tengah Malam, Pria Misterius Tiba-tiba RaibTim SAR Cilacap memakai perlengkapan oksigen untuk menyelam di perairan Dermaga Jojok Kutawaru Cilacap Tengah. (IDN Times/Humas Basarnas Cilacap)

Kepala Basarnas Cilacap, Adah Sudarsa membenarkan ihwal raibnya pria misterius di Waduk Sempor.

"Korban yang sedang dalam pencarian berjenis kelamin laki-laki, belum diketahui identitas lengkap. Kami memberangkatkan satu tim penyelamat menuju lokasi kejadian untuk melakukan pencarian dengan Potensi SAR," kata Adah. 

Baca Juga: Tanah Huntara Diperjualbelikan, Polresta Cilacap Tangkap Seorang Warga

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya