SD dan SMP Sudah Dibuka, Disdik Jateng: Mereka Gak Lapor ke Provinsi

Pengelola sekolah hanya lapor ke Pak Bupati

Semarang, IDN Times - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jawa Tengah menyatakan sejumlah sekolah dasar (SD) dan SMP yang sudah menggelar proses belajar tatap muka saat ini tidak pernah melaporkan kepada pihaknya. 

1. Disdik Jateng masih data ulang jumlah SD dan SMP yang sudah dibuka

SD dan SMP Sudah Dibuka, Disdik Jateng: Mereka Gak Lapor ke Provinsi ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Pelaksana Tugas Kepala Disdikbud Jateng, Padmaningrum mengatakan sampai sekarang masih mendata ulang jumlah SD dan SMP di kabupaten/kota yang telah dibuka untuk kegiatan belajar dan mengajar.

"Ini masih kita data semuanya. Jadi sampai sekarang kita belum dapat laporan resminya," kata Padma saat dihubungi, Senin (24/8/2020).

Baca Juga: Temui Ganjar, Rudy Katakan November 2020 Solo Siap Belajar Tatap Muka

2. Pengelola SD dan SMP tidak lapor ke pemerintah provinsi untuk belajar tatap muka

SD dan SMP Sudah Dibuka, Disdik Jateng: Mereka Gak Lapor ke ProvinsiSiswa SMP di Makassar datang ke sekolah agar bisa belajar online. IDN Times/Istimewa

Ia mengaku proses belajar tatap muka di sejumlah sekolah dilakukan tanpa sepengetahuan dari pihaknya. Padma menjelaskan pengelola SD maupun SMP yang menggelar belajar tatap muka hanya melapor ke bupati untuk mendapat persetujuan.

"Tapi mereka gak ada yang lapor. Sekolahnya cuma melapor untuk buka kegiatan belajar ke bupatinya sendiri. Gak ada laporan ke provinsi. Kita handle-ya susah juga," tegasnya.

3. Disdik minta sekolah konfirmasi kalau akan menggelar belajar tatap muka

SD dan SMP Sudah Dibuka, Disdik Jateng: Mereka Gak Lapor ke ProvinsiSiswa SMP "17" 1 Yogyakarta. IDN Times/Siti Umaiyah

Ia menyampaikan sebelumnya sudah memerintahkan kepada setiap pengelola sekolah untuk mengisi formulir sebagai bukti konfirmasi menggelar belajar tatap muka selama masa pandemik.

Konfirmasi yang sama juga ditujukan kepada tiap cabang dinas pendidikan agar dapat memantau proses kegiatan belajar para siswanya.

"Tentunya sudah kita share formulirnya ke semua cabang dinas, tak suruh juga konfirmasi ke SD dan SMP mana yang sudah buka," terangnya.

Baca Juga: Brebes Gelar Sekolah Tatap Muka, Ganjar: Evaluasi Dulu, Ojo Kesusu

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya