Sipir Tangkap Pemuda yang Lemparkan Bungkusan Sabu ke Lapas Kedungpane

Penyelundupan sabu 101,3 gram digagalkan

Semarang, IDN Times - Aksi penyelundupan narkoba jenis sabu berhasil digagalkan para petugas jaga di Lapas Kelas IA Kedungpane, Semarang, pada Senin petang (24/8/2020).

Sejumlah petugas lapas yang piket pada pukul 21.00 WIB malam kemarin memergoki seorang pemuda yang akan melemparkan bola berisi bungkusan sabu melalui tembok sisi barat lapas tersebut.

1. Seorang sipir curiga ada pemuda mondar-mandir di depan lapas

Sipir Tangkap Pemuda yang Lemparkan Bungkusan Sabu ke Lapas KedungpanePara petugas Lapas Kedungpane saat mengamankan pintu masuk lapas. Dok Humas Lapas Kedungpane

Kejadian tersebut pertama kali diketahui oleh Dhani Galih. Ia yang jadi sipir Lapas Kedungpane awalnya curiga dengan gelagat dari seorang pemuda yang mondar-mandir melewati lapasnya memakai sepeda motor.

Setelah dibuntuti dari luar, si pelaku yang bernama Chandra Gusmanto tersebut ternyata sedang berusaha mengelabuhi petugas lapas. Bungkusan sabu yang berbentuk bola dibawa oleh Chanda dan akan dimasukan ke lapas.

"Karena ketahuan oleh sipir lapas kami, lalu orang tersebut berusaha kabur. Dia lari tapi masih bisa dilumpuhkan oleh salah satu petugas kami yang bernama Dhoni Galih. Itu kejadiannya jam sembilan malam," kata Kepala Lapas Kslas IA Kedungpane, Dadi Mulyadi kepada IDN Times, Selasa (25/8/2020).

Baca Juga: Ikut Rayakan Idul Adha, Para Napi Lapas Kedungpane Diminta Bertaubat

2. Petugas temukan sabu 101,3 gram yang nyaris diselundupkan

Sipir Tangkap Pemuda yang Lemparkan Bungkusan Sabu ke Lapas KedungpaneDompet dan sabu berhasil diamankan petugas Lapas Kedungpane. Dok Humas Lapas Kedungpane

Ia menyatakan pelaku akhirnya digelandang ke dalam lapas untuk diinterogasi. Ketika diperiksa, pelaku mengaku mendapat sabu dari salah satu hotel di Semarang dan ditugasi jadi kurir ke Lapas Kedungpane. 

"Saya langsung cek sendiri dan ada barang buktinya yang sudah disita petugas," bebernya.

Pihaknya pun mendapati ada sabu sebanyak 101,3 gram yang tergeletak di bawah tembok lapas. Sabu telah dibungkus plastik dan dikemas menyerupai bola.

3. Kalapas Kedungpane: Kita geledah semua kamar narapidana

Sipir Tangkap Pemuda yang Lemparkan Bungkusan Sabu ke Lapas KedungpanePara terdakwa kasus makar di Jayapura sempat mendekam di sel tahanan PN Balikpapan. (IDN Times/Surya Aditya))

Untuk saat ini, katanya petugasnya telah menyerahkan kasus tersebut pada pihak Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Tengah. Sementara pelakunya juga diamankan untuk selanjutnya diproses sesuai undang-undang yang berlaku. "Pelakunya sudah dibawa tim Diresnarkoba Polda Jateng," katanya.

Pihaknya mengaku akan memperketat proses pemeriksaan barang-barang bawaan milik pengunjung lapas. Ia juga sudah membentuk tim khusus untuk menggeledah semua kamar yang dihuni para narapidana.

"Kita geledah semua kamar narapidana secara acak. Pemeriksaan dilakukan lebih ketat agar tidak ada lagi barang berbahaya yang diselundupkan ke lapas," tegasnya.

Baca Juga: Corona Merebak, Napi Kedungpane Pakai Video Call untuk Hubungi Keluarganya

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya