Sukses Singkirkan Purnomo, PPP Dukung Gibran di Pilkada Solo 2020

Gibran, anak pertama Jokowi juga dianggap punya kesalehan

Semarang, IDN Times - Elite politik Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jawa Tengah memutusan untuk ikut mengusung pasangan calon wali kota Solo, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Santosa pada kontestasi Pilwakot Solo 2020. Pasalnya, Gibran-Teguh dianggap mampu mewakili tokoh muda dan tua yang mampu membawa perubahan yang besar bagi peta politik di Kota Bengawan.

Hal tersebut ditegaskan oleh Ketua DPW PPP Jateng, Masrukan Syamsurie saat dikontak IDN Times, Selasa (21/7/2020).

1. Gibran dianggap sosok fenomenal, termasuk saat menyingkirkan Purnomo

Sukses Singkirkan Purnomo, PPP Dukung Gibran di Pilkada Solo 2020ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Ia menyebut Gibran saat ini menjadi sosok yang fenomenal lantaran mampu menyingkirkan Achmad Purnomo sebagai tokoh senior PDIP Solo. Sosok putra sulung Presiden Joko 'Jokowi' Widodo itu juga bisa membuat gebrakan diluar pakem.

"Tentunya dengan merapat ke Gibran, kita lihatnya dia punya daya magis tersendiri. Karena dia itu kan bisa membawa sesuatu kebijakan yang fenomenal. Orang yang muda biasanya cara mikirnya diluar pakem," kata Masrukan.

Baca Juga: Sudah Bilang ke Jokowi, Purnomo Siap Bantu Gibran di Pilkada Solo 2020

2. PPP anggap jumlah pemilih anak muda sangat besar di Surakarta

Sukses Singkirkan Purnomo, PPP Dukung Gibran di Pilkada Solo 2020Dok Pribadi Ketua PPP Jateng, Masrukan Syamsurie

Tak cuma itu saja, ia bilang bahwa di satu sisi jumlah pemilih dari kalangan pemuda juga sangat besar. Masrukan memperkirakan pemilih dengan usia dibawah 35 tahun saat dihelatnya Pilkada 2020 nanti, jumlahnya mencapai 60 persen.

"Jadi pemilih yang usianya dibawah 35 tahun ke bawah ini nantinya sekitar 60 persen. Maka, tokoh yang muda-muda ini bisa bawa pemikiran yang segar. Dan kondisinya juga sesuai tuntutan jamannya," ujarnya.

Lebih lanjut, pihaknya melihat pasangan Gibran-Teguh mampu menjadi pemimpin Muslim yang bersikap adil. Ia berpendapat jika Gibran memiliki sisi kesalehan untuk anak di zamannya.

"Dia punya kesalehan untuk anak di zamannya. Contohnya dia pasti akrab dengan zaman dan bisa menangani persoalan di zamannya. Mulai kejahatan di media sosial, kejahatan transaksi online. Nah, itu Gibran tahu persis. Tapi jangan tanya dia salatnya dan berhaji kayak gimana. Karena tokoh pemimpin itu bisa dilihat dari segala sisinya," terangnya.

3. PPP bidik kemenangan Pilkada 2020 di sepanjang jalur Pantura

Sukses Singkirkan Purnomo, PPP Dukung Gibran di Pilkada Solo 2020ANTARA FOTO/Jafkhairi

Untuk persiapan lainnya, PPP kini tengah membidik kemenangan di sejumlah daerah. Salah satunya juga akan tetap mengusung calon incumbent Bupati Rembang. Selain itu, kader partainya di Kabupaten Kendal, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Blora, dan Kabupaten Demak turut didorong maju sebagai calon wakil bupati.

"Incumbent Rembang kita dukung penuh. Hampir pasti dia maju lagi. Dia kuat sekali di sana. Kemudian di Kendal, kita punya ketua PPP yang berpeluang menempati posisi wakil. Untuk Pemalang kader kita masuk jadi wakilnya. Di Demak dan Blora kondisinya hampir mirip. Untuk kader PPP kita banyak pada posisi wakil. Di Semarang kita mantap mengusung incumbent karena kansnya kuat sekali," pungkasnya.

Baca Juga: Gibran Resmi Jadi Calon Walikota Solo, Rudy Mengaku Legawa

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya