Terdampar di Gosong Seloka Karimunjawa, Kapal Serasi IX Rusak Terumbu Karang

Petugas sita dokumen kapal tanker

Jepara, IDN Times - Sebuah kapal tanker LCT Serasi IX yang melintasi Pulau Karimunjawa Jepara telah merusak terumbu karang. Kapal tersebut berdasarkan laporan warga dan pihak kepolisian, diketahui terdampar di perairan Gosong Seloka dengan posisi badan kapal berada tepat di atas habitat terumbu karang. 

1. Ditreskrimsus selidiki aksi perusakan terumbu karang

Terdampar di Gosong Seloka Karimunjawa, Kapal Serasi IX Rusak Terumbu KarangIDN Times

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy membenarkan ihwal kapal tanker yang terdampar di perairan Gosong Karimunjawa tersebut.

"Laporan dugaan perusakan terumbu karang di Karimun Jawa sudah diterima Ditreskrimsus Polda Jateng," ujar Iqbal kepada IDN Times.

Lebih lanjut, saat ini kasus perusakan terumbu karang di perairan Gosong Karimunjawa masih diselidiki tim Subdit IV Tipidter. Pihaknya juga mengeklaim bakal berkoordinasi untuk menangani kasus itu dengan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK). 

Baca Juga: Gegara Ombak Tinggi, 12 Wisatawan di Karimunjawa Pilih Nyarter Pesawat

2. Awalnya ada warga Desa Kemujan yang memergoki kapal tanker mandek di Gosong Seloka

Terdampar di Gosong Seloka Karimunjawa, Kapal Serasi IX Rusak Terumbu KarangDua orang tampak berenang di samping lambung kapal tanker LCT Serasi IX yang terdampar di Pulau Gosong Kepulauan Karimunjawa. (IDN Times/Dok Humas Polda Jateng)

Kejadian bermula saat seorang warga Desa Kemujan bernama Nur Kholik yang melapor ke SPTN W I Karimunjawa ihwal keberadaan kapal tanker LCT Serasi IX yang berhenti di perairan Gosong Seloka. 

Laporan yang diterima SPTN Karimunjawa Kamis (15/2/2023) jam 07.00 WIB langsung ditindaklanjuti dengan memerintahkan Staf Resort Legon Lele untuk berkoordinasi dengan UPP Karimunjawa. 

3. Polisi menyita dokumen kapal tanker

Terdampar di Gosong Seloka Karimunjawa, Kapal Serasi IX Rusak Terumbu Karangilustrasi (Pixabay.com/TheoRivierenlaan)

Tak lama kemudian kisaran jam 09.00 WIB sejumlah petugas menuju perairan Gosong Seloka dengan memakai kapal milik nelayan setempat. Setibanya di titik koordinat S -5.85502/ E 110,48838 petugas menemukan kapal LCT Serasi IX masih tertahan karena kandas di perairan Gosong Seloka.

Sedangkan dari pihak UPP Karimunjawa, sejumlah petugas telah mengamankan surat-surat dokumen pelayaran milik kapal tanker tersebut. 

4. Empat ABK dan nahkoda diperiksa petugas

Terdampar di Gosong Seloka Karimunjawa, Kapal Serasi IX Rusak Terumbu KarangPetugas Balai Taman Nasional Karimunjawa berpatroli sambil mengingatkan pelestarian ekosistem terumbu karang kepada wisatawan yang liburan di Karimunjawa saat Lebaran 2022. (Dok Kecamatan Karimunjawa Jepara)

Terdapat empat ABK dan nahkoda kapal tanker Serasi IX yang turut diperiksa petugas. Adapun pengambilan titik koordinat juga telah dilakukan sekaligus mengidentifikasi jenis terumbu karang yang rusak akibat diterjang bagian bawah kapal tanker Serasi IX. 

"Saat ini sedang ditangani Gakkum KLHK," begitu bunyi keterangan resmi yang diterima IDN Times

Baca Juga: Kapal LCT Kandas di Perairan Karimunjawa Picu Kerusakan Terumbu Karang

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya