Terpeleset! Tiga Pendaki Gunung Sindoro Terjatuh Sejauh Empat Meter

Evakuasi sejak jam 01.30 WIB dini hari tadi

Temanggung, IDN Times - Sebanyak tiga pendaki di Gunung Sindoro, Temanggung ditemukan dalam kondisi mengalami cedera pada bagian leher dan kaki akibat terpeleset saat mendaki di pos tiga di gunung berapi tersebut.

Informasi yang diperoleh IDN Times, kejadian bermula tatkala tiga orang atas nama Muhamad Hidayatuloh (40) asal Mojolaban Kabupten Sukoharjo, Tunadi (43) asal Jakarta dan Yanuar (46) asal Sidoharjo, mendaki dari jalur basecamp Grasindo, Kecamatan Kledung, sekitar pukul 11.00 WIB Minggu siang kemarin.

1. Tiga pendaki ditemukan jatuh terpeleset sejauh empat meter

Terpeleset! Tiga Pendaki Gunung Sindoro Terjatuh Sejauh Empat MeterANTARA FOTO/Anis Efizudin

Saat itu, ketiganya mendaki menuju pos tiga Gunung Sindoro. Ketika hampir sampai di pos tiga, mereka terpeleset dan jatuh sejauh empat meter.

Koordinator Basarnas pos SAR Wonosobo Heri Sunandar saat dikonfirmasi mengungkapkan personelnya yang melakukan penyelamatan buruh waktu tiga jam untuk mencapai pos tiga dengan ketinggian 2.500 Mdpl.

"Di lokasi kejadian, ada tiga pendaki yang kita temukan mengalami cedera," terangnya kepada IDN Times, Senin (11/11).

Baca Juga: Hutan Lindung Gunung Sumbing Terbakar, 134 Pendaki Dievakuasi

2. Para pendaki terluka pada leher, tungkai dan lututnya

Terpeleset! Tiga Pendaki Gunung Sindoro Terjatuh Sejauh Empat MeterIDN Times/Fariz Fardianto

Ia menyebut bahwa Muhamad Hidayatuloh ditemukan mengalami cedera pada pada lehernya. Lalu Tunadi cedera lutut, dan Yanuar cedera tungkai kaki sebelah kanan.

"Upaya evakuasi kita lakukan sejak jam 01.30 WIB dini hari tadi dan sekarang kondisi mereka dalam keadaan selamat. Posisi saat ini sedang dirawat di RS PKU Muhammadiyah Wonosobo," akunya.

3. Medan terjal membuat ketiganya dievakuasi dengan ditandu

Terpeleset! Tiga Pendaki Gunung Sindoro Terjatuh Sejauh Empat Meterinstagram.com/fiersabesari

Kepala Basarnas Jateng Aris Sofingi mengatakan, tiga pendaki tersebut dibawa turun menggunakan tandu. Sebab, mereka tak dapat lagi meneruskan perjalanan.

Medan jalan yang cukup berat membuat evakuasi cukup lama. Tim SAR gabungan dengan mengunakan tandu,  survivor berhasil dievakuasi sampai basecamp Grasindo Kledung dengan keadaan selamat.

Baca Juga: Kebakaran di Gunung Merbabu Meluas, Pendaki Asal Demak Sempat Hilang 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya