Tertarik Ikut Beasiswa Baznas? Ini Cara yang Mesti Dilakukan

Mahasiswa UIN Walisongo berlomba daftar beasiswa Baznas

Sejumlah mahasiswa UIN Walisongo mengikuti serangkaian kegiatan sosialisasi pemberian beasiswa Baznas. Acara yang diadakan lewat platform via gmeet diikuti oleh perwakilan lembaga Beasiswa Baznas Pusat yang dipandu oleh para dosen UIN Walisongo.

Acara sosialisasi beasiswa Baznas ini diperuntukan bagi mahasiswa UIN Walisongo Semarang yang saat ini menginjak semester 5. Mereka diberi pemahaman mengenai sejumlah persyaratan mendaftar beasiswa cendekia Baznas dalam negeri untuk angkatan III.

1. Puluhan mahasiswa UIN Walisongo tertarik dapat beasiswa Cendekia Baznas

Tertarik Ikut Beasiswa Baznas? Ini Cara yang Mesti Dilakukanunsplash.com/Green Chameleon

Moh Habibur Rohman, salah satu peserta KKN RDR 77 UIN Walisongo Semarang dari Kelompok 126 mengatakan, dengan adanya kegiatan sosialisasi ini supaya mahasiswa mengetahui lebih lanjut apa saja yang harus disiapkan untuk mendaftar beasiswa Baznas.

"Selain itu apa saja cara agar mudah lolos beasiswa tersebut. Karena persaingan tidak mudah dan harus mengalahkan beberapa orang untuk mencari terbaik dari yang terbaik," katanya dalam rilis yang diterima IDN Times, Minggu (15/11/2021).

Dalam acara kali ini, peserta yang berpartisipasi dalam sosialisasi Beasiswa Baznas kurang lebih 50 mahasiswa UIN Walisongo Semarang dari berbagai daerah

Baca Juga: Wapres Perintahkan Baznas Ikut Atasi Kemiskinan di 5 Wilayah Jateng

2. Berikut ini syarat bagi penerima beasiswa Baznas

Tertarik Ikut Beasiswa Baznas? Ini Cara yang Mesti DilakukanRakornas UPZ Baznas pada Senin (1/11/2021). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sedangkan, Agus Nur Prayitno selaku pembina Beasiswa Cendekia Baznas dari UIN Walisongo Semarang menyampaikan tujuan diadakannya sosialisasi beasiswa Baznas demi memperkenalkan lebih luas kepada seluruh mahasiswa agar mudah dan paham lebih detail mengenai cara mendaftar beasiswa cendekia Baznas angkatan III. 

"Karena beasiswa diberikan satu tahun sekali dan kuota pendaftaran per kampus tidak terlalu banyak, maka dari itu sangat perlu adanya sosialisasi beasiwa Baznas ini," jelasnya.

Beasiswa Cendekia Baznas dalam Negeri merupakan program bermitra yang sudah bekerja sama dengan 101 kampus salah satunya yaitu kampus UIN Walisongo Semarang. 

Untuk mahasiswa yang kurang mampu dan sudah memiliki usaha disarankan untuk mendaftar beasiswa Baznas. Sehingga nantinya programnya dapat dimanfaatkan dengan baik.

"Salah satu dampak dari virus Corona ada di sektor perekonomian, tentu mahasiswa harus pandai-pandai mencari informasi mengenai beasiswa salah satunya beasiswa cendekia Baznas dalam negeri yang langsung dari pusat," tambahnya.

3. Baznas beri motivasi bagi mahasiswa yang mengajukan beasiswa

Tertarik Ikut Beasiswa Baznas? Ini Cara yang Mesti DilakukanIlustrasi mahasiswa (IDN Times/Galih Persiana)

Salah satu peserta sosialisasi, Budi Nur Rohman mengaku tertarik mengikuti beasiswa Baznas karena selain menambah relasi juga bida menyakinkan diri untuk menjadi penerima beasiswa yang layak.

Sementara itu, Ria Riwandari, perwakilan tim Lembaga Beasiswa Baznas pusat menambahkan "Pergunakanlah waktumu sebaik mungkin, jangan lewatkan kesempatan emas ini. Luruskan niatmu dan minta ridho kedua orang tuamu ketika akan melakukan sesuatu. Yakinlah jika kita terus mencoba dan tidak putus asa dari kegagalan-kegagalan yang sudah terjadi, dari situlah Allah akan memberikan yang terbaik untuk kita," pungkasnya.

Baca Juga: Baznas Targetkan Pengumpulan Zakat, Infak, Sedekah 2021 Naik 30 Persen

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya