Tertular COVID-19, Enam Warga Pastoran Loyola Diisolasi di Dua Hotel

Kondisi enam orang masih sehat

Semarang, IDN Times - Enam warga Pastoran Loyola Semarang yang tertular COVID-19 saat ini menjalani proses isolasi mandiri di dua hotel yang terletak di Ibukota Jateng tersebut. Menurut YR Edy Purwanto Pr, Vikjen sekaligus Koordinator Satgas Penanganan COVID-19 Keuskupan Agung Semarang (KAS), dua hotel yang dijadikan tempat isolasi warga Pastoran itu berada di dekat Loyola dan Hotel Kesambi Jalan Diponegoro.

"Mereka saat ini menjalani karantina mandiri di hotel yang dekat dengan Loyola. Kemudian juga di Hotel Kesambi. Enam orang yang tertular COVID-19 terdiri dari lima sebagai Pamong di Loyola dan satu koster di tempat yang sama," kata Romo Edy saat dihubungi IDN Times dari sambungan telepon, Jumat (30/10/2020).

1. Enam warga Pastoran Loyola kondisinya sehat dan masih bugar

Tertular COVID-19, Enam Warga Pastoran Loyola Diisolasi di Dua HotelPetugas medis di Prancis (ANTARA FOTO/REUTERS/Stephane Mahe)

Romo Edy menjelaskan enam warga Pastoran Loyola tersebut saat ini masih sehat dengan keadaan fisik yang bugar. "Keadaannya sehat-sehat, tidak ada yang sampai sakit di tempat tidur," akunya.

Baca Juga: 6 Warga Pastoran Loyola Semarang Positif COVID-19, Dinkes Belum Tahu

2. Penularan muncul saat satu orang dinyatakan reaktif

Tertular COVID-19, Enam Warga Pastoran Loyola Diisolasi di Dua HotelDinkes Sleman saat melakukan rapid test ke Tebing Breksi. Dok. IDN Times/bt

Lebih lanjut, ia menyampaikan penularan COVID-19 di Loyola pertama kali muncul tatkala ada beberapa orang yang menjalani rapid test. Dari situlah, katanya satu orang kedapatan reaktif COVID-19.

Selanjutnya, pihak sekolah Loyola menggelar swab secara massal. "Dari satu orang yang reaktif dari hasil rapid, terus beberapa orang lagi diswab. Dan muncul enam positif COVID-19. Proses isolasinya sekarang masih berjalan," paparnya.

3. Satgas Covid Keuskupan Semarang ekstra ketat terapkan protokol kesehatan

Tertular COVID-19, Enam Warga Pastoran Loyola Diisolasi di Dua HotelIlustrasi Swab Test (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Lebih lanjut, selain Loyola, pihaknya belum menemukan kasus penularan COVID-19 lagi di tempat lainnya. Pihaknya mengaku sampai sekarang masih berkomitmen menjaga protokol kesehatan dengan memberikan pengawasan yang ekstra ketat.

"Kita usahakan harus ekstra ketat menjaga protokol kesehatan. Terutama di gereja-gereja. Jangan sampai ada penularan COVID-19. Dan sejauh ini, baru di Loyola yang kita temukan. Yang lainnya belum," pungkasnya.

Baca Juga: Dalam 24 Jam Pasien Positif COVID-19 di Semarang Tambah 30 Kasus 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya