Tiga Wisatawan Digulung Ombak Laut Selatan, SAR Cilacap Larang Bermain Air di Pantai

Basarnas masih lakukan pencarian di pesisir pantai selatan

Cilacap, IDN Times - Sebanyak tiga wisatawan dilaporkan tenggelam saat sedang bermain air di beberapa pantai wilayah Kabupaten Kebumen. Tim SAR Cilacap menyatakan tiga wisatawan tersebut tenggelam ketika sedang berlibur selama tiga hari terakhir. 

Berdasarkan pendataan yang dilakukan tim SAR Cilacap, korban pertama dilaporkan tenggelam pada H+1 Lebaran bernama Wahyu, berusia 17 tahun asal Desa Rowosari, Kecamatan Bonoworo, Kebumen. 

 

Baca Juga: Polisi Ungkap Perampok yang Tembak Pedagang Toko di Cilacap Pakai Pistol Rakitan

1. Dua wisatawan dilaporkan tenggelam di Pantai Lembuhpurwo dan Setrojenar

Tiga Wisatawan Digulung Ombak Laut Selatan, SAR Cilacap Larang Bermain Air di PantaiTim SAR Cilacap juga mencari wisatawan yang tenggelam di Pantai Setrojenar. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Cilacap)

Humas Basarnas Cilacap, Suci Amel mengatakan Wahyu dilaporkan tenggelam saat bermain air di Pantai Lembuhpurwo pada Minggu (23/4/2023) jam 16.30 WIB. 

"Untuk korban kedua atas nama Risky Pratama juga tenggelam, kejadiannya pas main air di Pantai Setrojenar. Risky beralamat di Desa Sidomoro, Kecamatan Bulupesantren. Kita dapat laporan saat H+2," ungkap Amel saat dikonfirmasi IDN Times, Rabu (26/4/2023). 

2. Adi Waluyo juga tenggelam saat berenang di Pantai Mliwis

Tiga Wisatawan Digulung Ombak Laut Selatan, SAR Cilacap Larang Bermain Air di PantaiAnggota tim SAR Cilacap bersiap mencari wisatawan yang tenggelam di Pantai Mliwis Kebumen. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Cilacap)

Kemudian masih ada korban ketiga yang tenggelam saat bermain air yaitu atas nama Adi Waluyo, warga Desa Bantarwaru RT 02/RW III, Kecamatan Madukara Kebumen. Adi yang berusia 55 tahun itu dilaporkan tenggelam di Pantai Mliwis, hari Selasa (25/4/2023) kisaran jam 16.00 WIB kemarin sore. 

Ketika kejadian, sebenarnya Adi berenang bersama seorang temannya di Pantai Mliwis. Tetapi datangnya ombak yang besar membuat keduanya terseret arus yang kencang sampai ke laut. 

Warga yang berada di sekitar lokasi kejadian membantu untuk menyelamatkan kedua korban, akan tetapi hanya satu orang yang dapat diselamatkan. Sementara satu lainnya terseret kembali hingga ke laut. 

3. Para wisatawan dilarang berenang di pantai selatan

Tiga Wisatawan Digulung Ombak Laut Selatan, SAR Cilacap Larang Bermain Air di PantaiTim SAR Cilacap saat menyusuri pesisir pantai selatan menggunakan perahu karet untuk mencari wisatawan yang tenggelam di Pantai Lembuhpurwo. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Cilacap)

Sampai memasuki H+4 Lebaran, tiga wisatawan yang tenggelam belum bisa ditemukan. 

"Ketinggian gelombang pantai selatan saat ini terpantau 1,5 meter sampai 2,5 meter. Dengan ombak yang tinggi tersebut, kami imbau kepada wisatawan jangan bermain air di pantai. Wisatawan juga perlu meningkatkan kewaspadaan dengan rutin mengupdate informasi perubahan cuaca dari BMKG," kata Amel. 

Tim SAR gabungan, katanya telah menerjunkan sejumlah peralatan pertolongan di dalam air. Seperti Aqua Eye termasuk mengerahkan belasan personel gabungan untuk menelusuri jejak korban. 

4. Wisatawan diimbau pakai life jacket saat bermain di pantai

Tiga Wisatawan Digulung Ombak Laut Selatan, SAR Cilacap Larang Bermain Air di PantaiDua personel tim SAR Cilacap naik perahu karet untuk mencari wisatawan yang tenggelam di Pantai Lembuhpurwo Kebumen. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Cilacap)

Adah Sudarsa, Kepala Basarnas Cilacap menambahkan dengan dekatnya lokasi info awal dengan operasi SAR hari kedua di Pantai Setrojenar, Amin Riyanto selaku komandan tim melakukan assessment di lokasi Pantai Mliwis dan berkoordinasi dengan saksi serta stakeholder terkait. 

"Setelah informasi tersebut valid, kami berangkatkan kembali satu tim rescuer untuk melaksanakan operasi SAR di Pantai Mliwis," terangnya. 

Adah juga menyarankan supaya para wisatawan berhati-hati saat liburan di pantai. Sebaiknya wisatawan memakai life jacket apabila hendak menyeberang maupun bermain di pantai. "Semoga ketiga korban yang sedang dalam pencarian segera dapat ditemukan," pungkasnya. 

Baca Juga: Tanah Huntara Diperjualbelikan, Polresta Cilacap Tangkap Seorang Warga

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya