Tiga Wisatawan Tersapu Ombak Pantai Suwuk, Dua  Belum Ditemukan

Ombak laut selatan kerap memakan korban

Kebumen, IDN Times - Tiga wisatawan terseret ombak di Pantai Suwuk, Kecamatan Puring, Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (6/6) pukul 15.15. Seorang selamat dan dua orang lainnya masih hilang. Kedu korban yang belum ditemukan adalah Supriyanto (39) dan Arya Wijaya Kusuma (14), sedangkan Fauzan Izni (17) berhasil diselamatkan petugas SAR.

Baca Juga: Pencarian Saleh Korban Tenggelam Saat Padusan di Sungai Progo Nihil

1. Awalnya tiga orang yang tenggelam, tapi satu orang bisa diselamatkan

Tiga Wisatawan Tersapu Ombak Pantai Suwuk, Dua  Belum DitemukanDok. IDN Times

Kejadian nahas tersebut bermula ketika korban bersama keluarganya sedang asyik berlibur di kawasan Pantai Suwuk. Saat tengah berenang di lokasi yang agak menjorok ke dalam laut, mereka tanpa sadar dari belakang muncul gulungan ombak yang cukup tinggi.

Koordinator Pos SAR Cilacap, Mulwahyono mengungkapkan awalnya ada tiga orang yang terkena gulungan ombak di Pantai Suwuk. Tetapi, menurutnya seorang korban atas nama Fauzan Izni berhasil diselamatkan oleh regu SAR yang bersiaga di lokasi kejadian.

"Remaja yang bernama Fauzan ini bisa kita raih tangannya untuk diselamatkan ke tepi pantai. Yang dua orang lagi sampai sekarang belum bisa ditemukan keberadaannya," kata Mulwahyono kepada IDN Times, Jumat (7/6).

2. Tim SAR kerahkan semua kemampuan untuk melacak para korban

Tiga Wisatawan Tersapu Ombak Pantai Suwuk, Dua  Belum DitemukanBasarnas Cilacap

Mulwahyono mengaku kecelakaan air tersebut muncul sekitar pukul 15.15 WIB. Para personel TIM SAR kemudian dikerahkan untuk menelusuri bibir Pantai Suwuk untuk melacak keberadaan tubuh korban.

"Kita pakai semua alat pertolongan khusus untuk korban tenggelam. Termasuk perahu karet, kendaraan pantai dan jaket pelampung. Namun, sampai sekarang hasilnya masih nihil," ujarnya lagi.

3. Upaya pencarian terhalang ombak setinggi lima meter

Tiga Wisatawan Tersapu Ombak Pantai Suwuk, Dua  Belum DitemukanDok. IDN Times

Mulwahyono menyatakan kondisi ombak yang terpantau setinggi lima meter menyulitkan personelnya untuk memaksimalkan upaya pencarian.

Terlebih lagi, cuaca di Kebumen kurang bersahabat. Tim SAR mendapati cuaca tergolong cerah dengan angin baratan berhembus kencang ke arah timur.

"Ombak sedang tinggi-tingginya, jadi kita menunggu ombak normal baru melanjutkan pencarian." ujar Mulwahyono.

4. Jumlah personel tim SAR akan ditambah

Tiga Wisatawan Tersapu Ombak Pantai Suwuk, Dua  Belum DitemukanBasarnas Cilacap

Kepala Basarnas Jawa Tengah, Aris Sofingi menuturkan bahwa upaya pencarian terhadap kedua korban masih dilanjutkan keesokan harinya. Para korban merupakan warga Desa Purwodadi RT 02/RW I, Kecamatan Kuwarasan Kebumen.

Pihaknya besok akan mengerahkan dua grup penolong dan sebuah unit personel gabungan. Pihaknya akan memfokuskan penelusuran ke lokasi kejadian menuju arah timur sejauh tiga kilometer. Kemudian penyisiran juga diarahkan ke arah barat dari lokasi kejadian sejauh dua kilometer.

"Kita upayakan supaya korban secepatnya ditemukan sehingga dapat diserahkan oleh pihak keluarganya," tegas Aris.

Baca Juga: Libur Lebaran, Pantai Bandengan Diserbu Ribuan Wisatawan

Topik:

Berita Terkini Lainnya