Tim SAR Semarang Pakai Gergaji Beton untuk Bantu Evakuasi Korban Gempa Cianjur

Personel SAR Semarang dan Cilacap diberangkatkan ke Cianjur

Semarang, IDN Times - Puluhan personel SAR gabungan dari Semarang dan Kabupaten Cilacap diberangkatkan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat untuk membantu mengevakuasi korban gempa bumi. Seperti diketahui, wilayah Cianjur diguncang gempa berkekuatan 5,6 Magnitudo dan mengakibatkan ratusan warga meninggal dunia. 

1. Personel SAR Semarang bantu cari korban gempa bumi di Cianjur

Tim SAR Semarang Pakai Gergaji Beton untuk Bantu Evakuasi Korban Gempa CianjurPeralatan pemotong material berat ikut dibawa tim SAR Semarang dalam proses membantu evakuasi korban gempa bumi di Cianjur Jabar. (Dok Humas SAR Semarang)

Kepala SAR Semarang, Heru Suhartanto mengatakan, terdapat kurang lebih 50 personel tim penolong yang turut membantu proses evakuasi korban gempa bumi di Cianjur. 

"Berdasarkan informasi yang kami terima, masih ada korban yang belum terevakuasi semuanya mengingat area terdampak gempa yang cukup luas. Sehingga kami memberangkatkan para personel untuk membantu penanganan di sana" kata Heru, Selasa (22/11/2022). 

Baca Juga: Usai Gempa M 5,6, Bupati Cianjur Tetapkan Status Tanggap Darurat 

2. Tabung lifting, gergaji beton sampai peralatan berat dibawa tim SAR

Tim SAR Semarang Pakai Gergaji Beton untuk Bantu Evakuasi Korban Gempa CianjurSebuah truk rescuer digunakan untuk membantu evakuasi korban gempa bumi di Cianjur Jabar. (Dok Humas SAR Semarang)

Ia mengungkapkan personel SAR yang membantu evakuasi telah dibekali kualifikasi urban SAR serta kemampuan pertolongan medis pertama atau medical first responder

Menurutnya terdapat peralatan urban SAR yang dibawa personel SAR Semarang ke Cianjur. Antara lain gergaji beton, tabung lifting bags, alat pengungkit, dan sejenisnya. 

Nantinya tim SAR Semarang diperbantukan di Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung untuk memperkuat tim rescue yang sudah ada.

"Dengan adanya tim yang kami kirimkan, semoga bisa mempercepat penanganan evakuasi korban gempa sehingga mampu meminimalisir korban jiwa lebih banyak lagi," sambungnya.

3. Belasan personel SAR Cilacap juga bertolak ke Cianjur

Tim SAR Semarang Pakai Gergaji Beton untuk Bantu Evakuasi Korban Gempa CianjurPara personel SAR Semarang saat apel siaga sebelum diberangkatkan untuk membantu evakuasi korban gempa bumi di Cianjur Jabar. (Dok Humas SAR Semarang)

Sedangkan, bantuan personel juga diberikan oleh Tim SAR Cilacap. Sekitar 15 personel rescuer telah dikerahkan ke Cianjur guna menangani evakuasi korban gempa bumi. Pemberangkatan mereka dilakukan Senin (21/11/2022) sore jam 17.00 WIB. 

4. Personel SAR Cilacap bawa satu set alat ekstraksi

Tim SAR Semarang Pakai Gergaji Beton untuk Bantu Evakuasi Korban Gempa CianjurTim SAR Cilacap memakai perlengkapan oksigen untuk menyelam di perairan Dermaga Jojok Kutawaru Cilacap Tengah. (IDN Times/Humas Basarnas Cilacap)

Kepala Kantor SAR Cilacap, Adah Sudarsa menyampaikan perjalanan dari Cilacap menuju Cianjur ditempuh selama 8 jam perjalanan melalui jalur darat. 

"Selain dukungan personel, SAR Cilacap memberi dukungan peralatan satu Unit Rescue Truck Compartment, 1 Unit Truck Personil, 1 Unit Rescue Car Type II, 1 Unit Trail Klx, 1 Set Peralatan Evakuasi, 1 Set Peralatan Ekstrikasi, 1 Set Peralatan CSSR, dan APD lengkap," tambahnya. 

Tidak hanya rescuer dari Kantor SAR Cilacap dan Kantor SAR Bandung, bantuan personil dan peralatan juga dikerahkan dari Kantor SAR Jakarta, Kantor SAR Semarang, dan Basarnas Spesial Grup (BSG), serta potensi SAR Jawa Barat dan sekitarnya guna membantu proses evakuasi gempa bumi di Cianjur.

Baca Juga: Ditelan Ombak, Nelayan Pantai Kemiren Cilacap Ditemukan Sejauh 980 Meter

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya