Volume Meningkat, Kakorlantas Minta Pemudik Jangan Tergantung Rest Area

Kakorlantas minta pemudik jangan lengah

Semarang, IDN Times - Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi meminta kepada para pemudik yang memasuki ruas tol Jawa Tengah agar tidak tergantung pada fasilitas di rest area (tempat istirahat pengendara dan penumpang). Pasalnya, dengan tingginya animo masyarakat yang mudik membuat pihaknya berusaha mencarikan solusi jalur yang bisa dilewati oleh kendaraan para pemudik. 

"Jadi jangan lengah dan jangan memaksakan diri. Masyarakat jangan tergantung pada rest area. Manfaatkan jalur-jalur di kota yang dilalui untuk istirahat dan beli oleh-oleh. Ini yang paling penting, maka kita akan terus berada di lapangan untuk memantau peningkatan volume arus mudik," terangnya dalam rekaman resmi yang diterima IDN Times, Sabtu (30/4/2022).

1. Arus mudik masih terjadi dari Jakarta

Volume Meningkat, Kakorlantas Minta Pemudik Jangan Tergantung Rest AreaSuasana Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Rabu (27/4/2022). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.)

Pihaknya mengaku dinamika masyarakat yang menempuh perjalanan pulang kampung saat ini tergolong dinamis.

Informasi dari Jasa Marga, katanya ,diketahui bahwa pemerintah masih menghadapi gelombang arus mudik dari Jakarta. 

Baca Juga: Hingga H-4 Lebaran, 195.214 kendaraan melintas di Gerbang Tol Kalikangkung

2. Sejumlah kecelakaan muncul di luar tol

Volume Meningkat, Kakorlantas Minta Pemudik Jangan Tergantung Rest AreaIlustrasi kecelakaan (IDN Times/Sukma Shakti)

Pihaknya juga mencatat ada sejumlah kecelakaan yang terjadi di luar tol alias jalan nasional. Oleh karena itulah, ia telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengurai arus kendaraan pemudik agar tidak saling merugikan. 

"Dari rekan Jasa Marga kita dapat info kalau masih menghadapi gelombang mudik dari Jakarta. Mungkin kondisi sekarang tidak terlalu presisi tapi kita cari jalan yang tidak merugikan masyarakat. Sebab kondisi sekarang animo masyarakat yang mudik sangat luar biasa. Beberapa kecelakaan terjadi di luar jalan tol. Kita imbau pemudik tetap utamakan keselamatan. Dan tanggal 7--8 Mei 2022 nanti akan masuk puncak balik," terangnya. 

3. Pemudik diminta rutin cek saldo e-Toll

Volume Meningkat, Kakorlantas Minta Pemudik Jangan Tergantung Rest AreaPengguna jalan tol menggunakan e-toll untuk pembayaran (Dok. Jasa Marga)

Terpisah, Kepala Pospam Terpadu di Tol Kalikangkung Semarang, Ipda Riyadi menyebut, jumlah pengendara sejak diberlakukanya one way tercatat sudah ada 4.781 unit yang melintas di Tol Kalikangkung. Jumlah itu dimungkinkan akan terus  bertambah hingga menjelang dini hari. 

Dirinya menyarankan kepada pemudik untuk memperhatikan saldo Elektronik-Tol (e-Toll). Sehingga, tidak menghambat antrian saat melintasi pintu masuk.

"Saya harapkan selalu mengecek saldo e-Toll. Karena kendalanya selalu ada pemudik yang kekurangan saldo," bebernya. 

Baca Juga: Tarif Tol Jakarta-Semarang Terbaru 2022, Siapkan Saldo E-Toll Kamu ya!

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya