Walikota Semarang Rangkul Akademisi untuk Kembangkan Desain Tata Kota

Tahun depan ada tiga kerjasama

Kota Semarang, IDN Times-Walikota Semarang, Hendrar Prihadi tengah serius mengembangkan desain tata kota di wilayahnya yang saat ini semakin berkembang pesat. Salah satu upaya dengan merangkul Universitas Semarang (USM) untuk bekerja sama di sektor teknis.

"Berbicara mengenai teknis misalnya Dinas Tata Ruang (Distaru) punya pengembangan kota, nanti bisa kerja sama dengan bagian tekniknya USM," ungkap Hendi, panggilannya saat ditemui, Kamis (22/8).

1. Akademisi dilibatkan untuk menambah kajian strategis

Walikota Semarang Rangkul Akademisi untuk Kembangkan Desain Tata KotaInstagram.com/fachreizy_

Ia mengklaim peran para akademisi perlu ditingkatkan agar mampu menambah kajian strategis mengenai pengembangan tata kota di Semarang.

"Kerja sama ini diibaratkan sebuah payung yang menaungi dua instansi untuk bersinergi, bermitra yang kemudian akan menjadi suatu kekuatan. Kalau tidak ada payung seperti ini kan langkahnya kaya langkah yang tidak punya kekuatan," bebernya.

Baca Juga: Walikota Semarang Minta Mahasiswa Papua Berbaur dengan Warga Lokal

2. USM menyumbang proyek pembuatan halte dan desain taman

Walikota Semarang Rangkul Akademisi untuk Kembangkan Desain Tata Kotainstagram.com/wisata_axelia

USM, katanya selama ini kerap diajak kerja sama untuk membangun infrastruktur di Kota Lumpia itu. Mulai pembuatan halte BRT, desain taman di kelurahan dan sejenisnya. 

"Selama ini USM ketika diminta Pemkot untuk bersama-sama membantu pembangunan daerah Semarang Timur sangat cepat responnya. Harapan saya kerja samanya bisa luas lagi dengan menggarap kawasan pinggiran juga," cetusnya.

3. Ada tiga kerjasama antara Pemkot dengan USM

Walikota Semarang Rangkul Akademisi untuk Kembangkan Desain Tata KotaIDN Times/Fariz Fardianto

Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip selaku pengelola kampus USM, Prof Abdullah Kelib menuturkan kerja sama dengan Pemkot tahun depan bakal dikerjakan tiga bidang mulai pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Kerja sama ini akan dilakukan dengan penyediaan tenaga ahli, produk lokakarya, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah binaannya.

"Kami  mendukung pembangunan Kota Semarang termasuk kegiatan membina UKM batik di Tembalang. Selain itu, kami juga menyumbang taman USM di Tembalang dan Halte BRT, ini semua karena komitmen kedua belah pihak," pungkasnya.

Baca Juga: KPU Kota Semarang Siapkan Rp71,5 miliar untuk Pilwakot Semarang 2020

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya