Warga Peterongan Semarang Girang Dapat PKH: Buat Bayar Sekolah!

Jokowi sambangi Pasar Peterongan Semarang

Semarang, IDN Times - Rona bahagia terpancar saat Samini mendatangi Pasar Peterongan Semarang, Selasa (5/7/2022). Bagi emak-emak berusia 45 tahun tersebut, hari itu menjadi momen spesial lantaran dirinya masuk dalam daftar undangan penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial (Kemensos). 

1. Samini pakai uang PKH buat modal usaha dan bayar sekolah

Warga Peterongan Semarang Girang Dapat PKH: Buat Bayar Sekolah!Ilustrasi petugas Kantor Pos memotret warga untuk data bukti penerima bantuan sosial tunai (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Samini pun datang lebih awal ketimbang biasanya. Setibanya di Pasar Peterongan, ia mengaku senang karena telah diberi bantuan PKH untuk meringankan beban hidupnya. 

Biasanya ia mendapatkan jatah pengambilan uang PKH tiga bulan sekali. Tapi kali ini, uang PKH yang diterima Samini berjumlah Rp750 ribu. 

"Kalau hari ini dapatnya saya Rp750 ribu. Ini buat modal usaha, bayar sekolah lalu sisanya buat makan sehari-hari," kata warga Kampung Peterongan Tengah tersebut di sela acara penyerahan PKH. 

Baca Juga: 100 Warga Semarang Diundang Khusus Ketemu Jokowi, Dapat 4 Jenis Bantuan

2. Jokowi kunjungi Pasar Peterongan Semarang

Warga Peterongan Semarang Girang Dapat PKH: Buat Bayar Sekolah!Kementerian Perdagangan menggelar operasi pasar minyak goreng curah di Pasar Peterongan Semarang, Minggu (20/2/2022). (Dok. Disperindag Jateng)

Saat menerima PKH, Sumini tidak sendiri. Diperkirakan ada banyak warga yang turut mendapatkan jatah bantuan PKH yang disalurkan Kemensos bersama Dinas Sosial Kota Semarang. 

Pemberian bantuan PKH bertepatan dengan kunjungan Presiden Joko "Jokowi" Widodo ke Pasar Peterongan. Sejumlah warga dan pedagang pasar pun tumplak menyambut kedatangan Presiden Ketujuh Indonesia tersebut. 

3. Yuni pakai uang PKH buat jualan di rumah

Warga Peterongan Semarang Girang Dapat PKH: Buat Bayar Sekolah!Gubernur Jateng Ganjar Pranowo membantu warga yang terjebak kerumunan di Pasar Peterongan Semarang. (Dok Humas Pemprov Jateng)

Menurut Yuni Astuti, seorang penerima PKH lainnya, bantuan yang diberikan pemerintah sangat ia syukuri. Sebab, setidaknya ia bisa memenuhi kebutuhan hidupnya saban hari. 

"Ya rencananya jadi modal jualan kecil-kecilan di rumah. Uang PKH cairnya tiga bulan sekali. Kalau ditotal dapatnya Rp1,2 juta," akunya. 

4. Ganjar puji kedatangan Jokowi di Semarang

Warga Peterongan Semarang Girang Dapat PKH: Buat Bayar Sekolah!Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mendampingi Presiden Jokowi di Pasar Peterongan Semarang. (Dok Humas Pemprov Jateng)

Sementara itu, di Pasar Peterongan Presiden Jokowi didampingi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Ganjar berkata, memang seharian jadwalnya mendampingi kunjungan kerja Presiden Jokowi di Semarang. 

Dua agenda dilakukan Jokowi, yakni memimpin upacara peringatan Hari Bhayangkara di Akpol dan memberi bantuan kepada pedagang Pasar Peterongan.

"Ternyata meriah sekali acaranya, dan selalu pak Presiden Jokowi tidak pernah melepas dari suasana kerakyatan yang dibangun," kata Ganjar dalam keterangan yang didapat IDN Times

Saat peringatan Hari Bhayangkara, Kapolri mengundang puluhan ribu masyarakat. Setidaknya ada 33 ribu lebih masyarakat dilibatkan dalam acara itu. Sementara di Pasar Peterongan, suasana juga tak kalah meriah.

"Ini menurut saya luar biasa. Ini menggambarkan bagaimana di Hari Bhayangkara ini kepolisian menyatu dengan rakyat. Mudah-mudahan penyatuan ini bisa menjaga ketertiban bersama," ucapnya.

Baca Juga: Penerima Bansos BPNT di Jateng Harus Sudah Vaksinasi COVID-19, Bukti!

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya