Bangkitkan UMKM, Rumah BUMN Rembang Gelar Fasion Show

Hadirkan produk lokal

Rembang, IDN Times - Fashion Show bertajuk ‘UMKM Lokal’ yang digelar oleh rumah BUMN Rembang mendapat antusiasme masyarakat luar biasa.

Fashion show yang digelar di depan kantor Rumah BUMN Rembang ini diikuti oleh 5 desainer lokal Rembang. Serta puluhan model lokal Rembang. 

Baca Juga: Sabar Jalani LDR, Pria Rembang Sukses Nikahi Cewek Rusia, So Sweet!

1. Desainer lokal unjuk gigi tampilkan karya terbaik

Bangkitkan UMKM, Rumah BUMN Rembang Gelar Fasion ShowIDN Times / Febrian Chandra

Ketua Panitia Fashion Show Rumah BUMN Rembang, Vera Damayanti mengatakan fashion show tersebut untuk mematik kreativitas dari desainer lokal dan untuk membangkitkan produk - produk UMKM di Rembang yang terdampak situasi pandemi COVID-19. 

“Potensi lokal Rembang terkait dunia fashion show ini luar bisa. Selain itu gelaran ini dilakukan untuk membangkitkan produk UMKM di Rembang yang kemarin ikut terdampak karena situasi pandemi COVID-19,” ujar Vera. 

Selain itu, gelaran fashion show tersebut juga mendapatkan respon yang tinggi dari masyarakat. Terbukti sejak awal acara sampai akhir selalu dipenuhi oleh penonton yang notabene generasi milenial Rembang.

2. Digelar pertama usai pandemik COVID-19

Bangkitkan UMKM, Rumah BUMN Rembang Gelar Fasion ShowIDN Times / Febrian Chandra

Masing-masing-masing model berjalan di atas catwalk mengenakan tema busana masing-masing. Tak lupa, mereka juga membawa produk UMKM (craft) saat berjalan di atas catwalk tersebut.

“Apalagi ini acara pertama sejak pandemik COVID-19, jadi masyarakat sekitar pun sangat antusias menyaksikan,” terangnya.

Ia mengungkapkan, pada ulang tahun rumah BUMN yang kedua dipilih 10 terbaik UMKM yang ada di sini.

“Ini persembahan kami. Ada beberapa rangkaian selama dua hari, mulai lomba hampers dari 14 kecamatan di Rembang, satu PKK kabupaten, jadi 15," ucapnya.

Selain fashion show, kegiatan itu juga memamerkan kerajinan tangan (craft) lokal Rembang. Kemudian juga makanan, minuman khas lokal Rembang.

Acara ditutup dengan penampilan musisi lokal Rembang. Dengan membawakan lagu-lagu pop dangdut yang sedang trend dikalangan anak muda.

3. Berharap produk lokal go Internasional

Bangkitkan UMKM, Rumah BUMN Rembang Gelar Fasion ShowIDN Times / Febrian Chandra

Salah satu model dalam fashion show tersebut, Mardilla Budi Lia Dani Astuti merasa senang dengan acara itu.

"Deg-degan karen pertama kalinya menjadi model dengan menggunakan produk desainer UMKM asli Rembang," kata Mardilla.

Adapun malam itu, Mardilla menggunakan kostum batik bernuansa alam dibalut bahan baju ulalleder yakni ulat dan kulit buaya.

Ia berharap eksistensi kaum milenial Rembang khususnya para model dan desainernya banyak diberikan ruang seperti ini. Tujuannya, supaya UMKM rembang khususnya dibidang desainer dapat menembus pasar internasional.

“Rumah BUMN semoga bisa menambah UMKM yang ada di kabupaten Rembang untuk go internasional, dan menjadi rumah bagi para pengusaha yang ada di Kabupaten Rembang,” katanya.

Mardilla sendiri merupakan duta wisata kabupaten Rembang 2022. Hal senada juga diungkapkan oleh model yang lain dalam fashion show tersebut. Yakni Nabilla Erviana Putri. Ia merasa senang berpartisipasi menghibur masyarakat.

“Ini euforianya sangat luar biasa karena ini merupakan pertama kali di Kabupaten Rembang, fashion show kolaborasi antara UMKM dan Rumah BUMN,” ucap Nabilla. 

Nabilla yang merupakan duta wisata Kabupaten Rembang 2019 itu berharap Rumah BUMN Rembang mampu menjadi wadah bagi para pelaku UMKM.

“Untuk bertukar pikiran, berkreasi serta berinovasi dalam memberikan karyanya kepada masyarakat," pungkas Nabilla.

Baca Juga: 9 Spot Foto Ciamik di Kota Lasem Rembang, Instagramable Abis!

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya