Comscore Tracker

Ini Agenda Arus Balik Gratis dari Kemenhub, Catat ya!

Ada dari arus balik melalui bus sampai kapal

Jakarta, IDN Times - Masih euforia Lebaran di kampung dan di rumah, jangan sampai membuat kamu lupa kalau nanti kamu harus balik ke kota untuk kembali bekerja atau belajar. 

Nah, perlu kamu tahu nih kalau pemerintah juga mengadakan arus balik gratis selain mudik gratis yang diadakan sebelum Lebaran. 

Seperti yang dikatakan Direktur Lalu Lintas Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Pandu Yunianto, bahwa Kemenhub menyiapkan dan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengadakan arus balik gratis ini.

1. Kemenhub siapkan 230 bus dari 5 kota menuju Jakarta

Ini Agenda Arus Balik Gratis dari Kemenhub, Catat ya!IDN Times/ M. Idris

Kemenhub akan menyiapkan setidaknya total 230 bus dari 5 kota untuk kamu yang akan balik ke Jakarta dan sekitarnya. Misalnya saja dari Yogyakarta akan ada 59 bus, Solo 89 bus, Wonogiri 34 bus, Semarang 22 bus, dan Purwokerto 26 bus. 

Baca Juga: Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Terjadi 8-9 Juni

2. Ingin ikut arus balik gratis tapi malas menyetir motor, begini aturannya

Ini Agenda Arus Balik Gratis dari Kemenhub, Catat ya!ANTARA FOTO/Budi Candra Setya

Kalau kamu gak mau capek naik motor, kamu bisa kok mudik balik dengan naik bus dan tetap membawa motor kamu. Caranya? Motor kamu nanti akan dibawa dengan truk. 

"Total dari 5 kota itu bisa angkut 10.350 penumpang, termasuk yang naik motor. Dengan estimasi satu motor 2 orang dewasa dan satu anak," kata Pandu di Gedung Kemenhub, Rabu (5/6).

Dari Yogyakarta akan ada 5 truk, Solo 14 truk, Wonogiri 3 truk, Semarang 1 truk, dan Purwokerto 2 truk. 

3. Arus balik gratis naik kapal

Ini Agenda Arus Balik Gratis dari Kemenhub, Catat ya!IDN Times/Muhammad Iqbal

Mau mudik balik gratis naik kapal? Bisa juga, kok. KM Dobonsolo tujuan Tanjung Priok Jakarta dan Tanjung Emas Semarang berkapasitas 2500 penumpang dan 1.250 sepeda motor dengan waktu tempuh 14 jam siap membawa kamu kembali ke kota.

"Akan ada 3 trip kapal mudik gratis pada arus balik yang rencananya akan berangkat pada 8,10, dan 12 Juni 2019," sebut Pandu.

4. Kalau kereta api ada gak ya? Ada dong, tapi...

Ini Agenda Arus Balik Gratis dari Kemenhub, Catat ya!IDN Times/Rangga Erfizal

Pandu mengatakan juga akan ada arus balik gratis dengan kereta api yang akan memberangkatkan sebanyak 2.784 sepeda motor di setiap lintasan kereta api. Yaitu lintas utara, lintas selatan 1 dan lintas selatan 2.

"Keberangkatan arus balik gratis ini hanya sepeda motornya saja dengan kereta api sendiri, yang akan dilaksanakan pada 7 sampai 13 Juni 2019," ujar Pandu.

Baca Juga: 2 Strategi Menhub Antisipasi Puncak Arus Balik Lebaran pada 8-9 Juni 

Topic:

  • Nugroho Adi Purwoko

Just For You