Ada 22 Ribu STB Gratis Dibagikan Untuk Warga Miskin di Solo 

Target selesai dibagikan hingga akhir tahun 2022

Surakarta, IDN Times - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo membagikan 22 ribu Set Top Box (STB).

Pembagian simbolis digelar usai upacara bendera Hari Bela Negara di halaman Balaikota Solo, Senin (19/12/2022).

Baca Juga: Daftar Merek dan Harga Set Top Box TV Digital Rekomendasi Kominfo

1. Pembagian berdasarkan data P3KE.

Ada 22 Ribu STB Gratis Dibagikan Untuk Warga Miskin di Solo Pembagian STB oleh Pemkot Solo. (Dok/Pemkot Solo)

Direktur Jenderal (Dirjen) Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kominfo, Ismail mengatakan pembagian STB gratis ini merupakan program dari pemerintah untuk membantu masyarakat yang kurang mampu di Kota Solo. Total ada 22 ribu STB yang akan dibagikan hingga akhir tahun 2022 nanti.

"Pada Desember 2022 ini kita tuntaskan dan akan dibantu oleh Pemda Kota Surakarta juga yang akan membagikan untuk keluarga kurang mampu yang sudah masuk dalam di dalam daftar," katanya usai pembagian STB di Balaikota Solo, Senin (19/12/2022).

Pembagian STB sendiri khusus untuk warga kurang mampu yang terdaftar dalam data dari Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

"Ini STB ini bukan untuk semua orang tapi untuk keluarga miskin, dan bagi saudara-saudara kita yang mampu mohon bisa membeli sendiri," jelasnya.

2. Ada 22 ribu STB merk Lubi yang dibagikan.

Ada 22 Ribu STB Gratis Dibagikan Untuk Warga Miskin di Solo Pedagang melayani pembeli set top box (STB) TV Digital di pusat elektronik Blok AA Pasar Raya Padang, Sumatera Barat, Rabu (30/3/2022). ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Lebih lanjut, Ismail mengatakan saat ini total ada 1,5 juta STB yang dibagikan dengan rincian 1,2 juta dari Kominfo dan 300 ribu dari Lembaga Penyiaran Swasta (LPS).

"Total yang bantuan pemerintah sekitar 1,5 juta secara nasional. Dengan target 5,6 juta," katanya.

Ismail menambahkan untuk Kota Solo akan dibagikan sebanyak 22 ribu STB gratis dengan target hingga akhir tahun 2022.

"Sekitaran 9.000 ribuan yang sudah dibagi dari 22 ribuan STB yang diperuntukan bagi warga kurang mampu di Kota Solo," jelasnya.

3. Sering mendapat keluhan dari masyarakat.

Ada 22 Ribu STB Gratis Dibagikan Untuk Warga Miskin di Solo Pembagian STB oleh Pemkot Solo. (Dok/Pemkot Solo)

Sementara itu, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka tersebut menargetkan pembagian sisa STB akan segera dilakukan sebelum tahun 2023. Saat ini yang sudah dibagikan sekitar 11 ribu dan sisanya 11 ribu akan dibagikan dalam sepekan.

"Sudah sebelumnya 9 ribu ini tadi 2 ribu (saat upacara) dan nanti 11 ribu secepatnya," ungkapnya.

Gibran juga mengakui jika sering mendapat keluharan dari warga soal mahalnya harga STB saat ini, ia juga mengakui adanya bantuan ini bisa menjadi solusi bagi masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan STB.

"Iya banyak-banyak (keluhan), selain mahal juga susah," pungkasnya.

Sebagai informasi, Set Top Box (STB) adalah alat untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara, yang dapat ditampilkan di TV analog biasa.

STB ini sudah mendukung Digital Video Broadcasting-Second Generation Terrestrial atau DVB-T2. STB tidak memerlukan antena parabola dalam menerima sinyal digital, dan cukup menggunakan antena TV biasa atau UHF.

Baca Juga: 16 Ribu STB Disalurkan buat Warga Kategori Miskin Ekstrem di Semarang

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya