Adu Jotos Terjadi saat Pemilihan Ketua di Munas HIPMI XVII Solo

Akibat suasa memanas sidang sampai di skors

Surakarta, IDN Times - Musyawarah Nasional Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Munas HIPMI) ke XVII, di Hotel Alila Solo, Senin (21/11/2022) berlangsung ricuh. Sejumlah video yang menggambarkan kericuhan beredar di media sosial maupun pesan WhatsApp.

Baca Juga: Munas HIPMI: Sambutan Menteri Bahlil Soal Capres Bikin Jokowi Tertawa

1. Diwarnai adu jotos antar peserta.

Adu Jotos Terjadi saat Pemilihan Ketua di Munas HIPMI XVII SoloAdu jotos peserta Munas HIPMi di Solo (Dok. Istimewa)

Keributan munas tersebut terjadi saat malam hari. Para peserta yang mengenakan seragam batik kebesaran HIPMI di bagian depan ruangan rapat nampak saling adu mulut, saling dorong hingga adu jotos.

Berdasarkan informasi yang, aksi adu jotos terjadi tak lama setelah sidang pleno dibuka. Karena terlalu banyak interupsi, sidang akhirnya diskorsing selama 2x15 menit. Setelah skorsing berakhir, sidang kembali dilanjutkan.

Tetapi interupsi terus berlangsung dan tidak bisa dikendalikan. Pimpinan sidang menskors hingga Selasa pagi. Ini sidang akan dilanjutkan jam 9.00 WIB.

"Karena melihat kondisi yang tidak maka sidang saya skors sampai besok pagi," ujar Pimpinan sidang yang dikutip dalam kanal youtube Hipmi Solo.

Hingga saat ini belum ada panitia ataupun pejabat dari HIPMI yang bisa diklarifikasi terkait kejadian tersebut.

2. Sudah diperingatkan oleh Presiden Jokowi

Adu Jotos Terjadi saat Pemilihan Ketua di Munas HIPMI XVII SoloPresiden Jokowi buka Munas HIPMI XVII di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Aksi adu jotos ini sangat disayangkan, padahal sebelumnya forum para pengusaha tersebut dibuka oleh Presiden Jokowi pada siang harinya.

Bahkan sejumlah tokoh nasional seperti Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, sejumlah menteri, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hingga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka turut hadir.

Dalam pidatonya secara tidak langsung Jokowi juga menyinggung kepada para petinggi HIPMI. Meskipun permintaan tersebut ditujukan kepada para capres agar menjaga kondusifitas agar tidak panas.

"Saya hanya titip, kepada calon calon Presiden, calon calon Wakil Presiden yang juga hadir di sini. Dalam kondisi dunia yang sangat rentan seperti ini, semua harus menjaga agar kondisifitas, situasi politik kita tetap adem, kalau bisa. Kalau tidak bisa ya paling tidak anget, tapi jangan panas," kata Jokowi.

3. Agenda pemilihan ketua HIPMI.

Adu Jotos Terjadi saat Pemilihan Ketua di Munas HIPMI XVII SoloSidang Munas HIPMI XVII di Solo. (Dok/ Hipmi Solo)

Perlu diketuhui, Munas HIPMI di Solo sendiri baru memasuki hari pertama dan masih akan berlangsung hingga Rabu besok.

Menurut Ketua Steering Committee (SC) Munas HIPMI XVII, Dede Indra Permana, ada 3 kandidat calon Ketua Umum BPP HIPMI yang telah lolos verifikasi.

Mereka adalah Anggawira, Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPP HIPMI, Akbar Himawan Buchari, Wakil Ketua Umum BPP HIPMI dan Bagas Adhadirgha, Sekretaris Jenderal BPP HIPMI. Mereka akan memperebutkan jabatan ketua untuk periode berikutnya.

Baca Juga: Momen Puan dan Ganjar Satu Panggung di Acara Pembukaan Munas HIPMI XVI

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya