Antisipasi Virus Corona, Bandara Solo Pasang Thermal Scanner

Cegah masuknya Virus Corona 

Solo, IDN Times - Antisipasi virus korona, Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah memasang alat thermal scanner. Pemasangan alat tersebut ditempatkan di terminal kedatangan internasional bandara.

Baca Juga: Mirip Pneumonia, Cermati Virus Corona Gejala dan Cara Pencegahannya

1. Dikhususkan untuk wisatawan dari China

Antisipasi Virus Corona, Bandara Solo Pasang Thermal ScannerDok.KKP Semarang

General Manager Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Abdullah Usman mengatakan pemasangan alat thermal scanner dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Semarang di area kedatangan internasional bandara. Alat tersebut dikhususkan untuk wisatawan yang datang dari Kunming, China.

“Tadi pagi ada pesawat datang dari Kunming, China sudah dilakukan scanner untuk pertama kali, datang sekitar pukul 06.45 WIB,” ujarnya saat ditemui di Kantor Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo, Kamis (23/1).

Bandara Solo sendiri melayani penerbangan langsung dari Kunming, China setiap hari Kamis. Pesawat tersebut merupakan pesawat charter yang berisi sekitar 180 penumpang.

2. Untuk deteksi dini penyebaran virus korona

Antisipasi Virus Corona, Bandara Solo Pasang Thermal ScannerIDN Times / Larasati Rey

Pemasangan alat thermal scanner tersebut bertujuan untuk melakukan pemeriksaan dini terhadap penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut.  Airport Operation and Security Senior Manager PT Angkasa Pura I, Goen Kuntoro mengatakan alat tersebut secara otomatis akan mendeteksi penumpang yang memiliki suhu tinggi yakni lebih dari 38 derajat celcius.

Jika nantinya terdeksi suhu tubuh di atas 38 derajat maka alat akan berbunyi dan menunjukkan tulisan Fail. Selanjutnya, petugas pun akan membawa penumpang tersebut ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Kalau pemeriksaan tadi padi tidak ada tanda-tanda penumpang dari Kunming. Belum ada indifikasi namun tetap pantau terus,” ungkapnya.

3. Penumpang yang terdeteksi akan dikarantina

Antisipasi Virus Corona, Bandara Solo Pasang Thermal ScannerIDN Times / Larasati Rey

Lebih lanjut, Goen Kuntoro menambahkan penumpang yang terdeksi nantinya akan dilakukan tindakan berupa karantina. Ia juga telah bekerja sama dengan rumah sakit untuk menyiapkan ruang isolasi jika nantinya terdapat wisatawan yang memiliki ciri-ciri terjangkit virus corona.

“Ciri-ciri awal virus itu kan demam tinggi, batuk, suhu tubuh tinggi,”jelasnya.

WHO mengabarkan jika wabah pneumonia yang telah menginfeksi ribuan orang di Tiongkok disebabkan oleh virus corona jenis baru. Virus korona (2019-nCoV) merupakan virus jenis baru yang belum diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Virus corona merupakan jenis penyakit zoonosis, di mana infeksi akan menyebar dari hewan ke manusia.

Baca Juga: Cegah Virus Corona, 158 Penumpang Dari Malaysia di Semarang Diperiksa

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya