ASN Solo Positif COVID-19, DKK Lakukan Tracing ke 46 Orang

Kasus Positif COVID-19 betambah dua.

Solo, IDN Times - Pasca ditemukannya kasus terkonfirmasi COVID-19 pada Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Solo. Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo langsung melakukan tracing atau peneluruan kepada orang yang melakukan kontak dekat.

Baca Juga: Kepala Disdik Solo Positif COVID-19, Hasil Tracing Achmad Purnomo

1. DKK tracing 46 orang yang lakukan kontak erat

ASN Solo Positif COVID-19, DKK Lakukan Tracing ke 46 OrangIDN Times/Larasati Rey

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih mengatakan telah melakukan tracing baik kepada ASN maupun keluarga yang melakukan kontak erat dengan pasien terkonfirmasi COVID-19.

Tracing dilakukan pada 12 orang yang melakukan kontak dengan pegawai Bagian Humas dan Protokol Setda, dan 34 orang yang melakukan kontak dengan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Solo, Etty Retnowati.

"Jumlah itu termasuk keluarga dan teman sekantor maupun kontak lain yang pernah bertemu. Karantina wajib agar rantai penularan virus bisa putus," ujarnya, Selasa (4/8/2020).

2. Pelayanan Pemkot tetap berjalan

ASN Solo Positif COVID-19, DKK Lakukan Tracing ke 46 OrangIDN Times/Larasati Rey

Sementara itu, Ketua Pelaksana Gugus Tugas COVID-19 Solo, Ahyani mengatakan pasca adanya kasus konfimasi COVID-19, ia memerintaka kapada 102 orang yang menjalani uji swab tracing kontak dengan Wakil Walikota Solo, Ahcmad Purnomo sebelumnya untuk melakukan karantina mandiri sebelum hasil swab keluar.

Ahyani menyebutkan jikan ASN sejumlah ASN yang bekerja di bagian pelayanan tetap bekerja seperti biasa, ia juga mewanti-wanti agar ASn tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19 saat beraktifitas.

"Saat berkegiatan harus menjaga diri dan korps (pegawai), karena pengaruhnya ke pelayanan. Jangan sampai terdampak karena ada yang kena Covid-19. Prinsipnya jangan tertular, jangan menularkan. Etikanya seperti itu. Wajib bekerja dari rumah dulu kalau sudah uji swab sampai hasil keluar," jelas Ahyani

Sebelumnya sebanyak 102 orang melakukan uji swab usai Wawali Achmad Purnomo dinyatakan positif COVID-19.

3. Kasus COVID-19 bertambah dua

ASN Solo Positif COVID-19, DKK Lakukan Tracing ke 46 Orangunsplash.com/CDC

Berdasarkan data Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Solo, pada Selasa (11/8/2020) tercatat ada dua kasus baru COVID-19 yang ditemukan. Dua kasus tersebut berasal dari kalangan tenaga kesehatan (nakes) luar daerah yang berdomisili di Solo.

Sehingga kumulatifnya menyentuh 288 orang. Dengan perincian, 28 orang menjalani isolasi mandiri, 11 dirawat inap, 9 orang meninggal dunia, dan 240 orang sembuh. Sehingga, total kasus aktifnya tersisa 39.

Sedangkan, catatan kumulatif pasien suspek menyentuh 1.000 orang, dengan rincian 962 discard, 17 dirawat inap (suspek aktif), seorang isolasi mandiri, dan 46 suspek meninggal dunia.

Baca Juga: Solo Kembali Jadi Zona Merah COVID-19, Penyebaran Tingkat Tinggi

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya