Bahas Susu Kambing, Wakil Bupati Karanganyar Raih IP Cumlaude

Buat tesis soal pariwisata

Karanganyar, IDN Times - Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto, berhasil meraih gelar baru magister manajemen (MM) setelah melakukan prosesi wisuda di Edutorium Universitas Muhammad Surakarta (UMS), pada Sabtu, (26/03/2022). Rober menyelesaikan masa studinya selama kurang lebih 2 tahun.

Baca Juga: Hore! Lebaran 2022, KRL Jogja–Solo Sampai Stasiun Palur Karanganyar

1. Raih predikat cumlaude.

Bahas Susu Kambing, Wakil Bupati Karanganyar Raih IP CumlaudeWakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto. (IDN Times/Larasati Rey)

Pada pendidikan pasca sarjananya, Rober mengerjakan tesis yang membahas tentang strategi branding pariwisata di Kabupaten Karanganyar. Judul tersebut berhasil membawanya dengan meraih predikat cumlaude yakni nilai IPK 3,8.

"Untuk judul didorong pembimbing, isinya membahas destinasi wisata di Kabupaten Karanganyar yang luar biasa. Saya kerjakan dalam waktu 4-6 bulan. Semoga dengan hadirnya tesis ini bisa bermanfaat bagi Kabupaten Karanganyar," imbuhnya.

Rober mengaku sengaja memilih tesis pariwisata lantaran ingin memajukan pariwista di Karanganyar tak hanya itu, ia juga mengajak civitas akademika UMS untuk melakukan penelitian terkait pariwisata Karanganyar. Lebih lanjut, melalui ilmu yang didapatkan, Rober mengatakan akan mengimplementasikannya ke Kabupaten Karanganyar. Salah satunya adalah menambahkan embel-embel pariwisata dibelakang dinas yang ada di Karanganyar.

"Misal dinas pendidikan pariwisata, dinas peternakan pariwisata, semuanya. Karena satu hal pariwisata yang dikembangkan bisa berdampak luar biasa," ujarnya.

2. Membranding susu kambing Karanganyar.

Bahas Susu Kambing, Wakil Bupati Karanganyar Raih IP CumlaudeSeorang pekerja memerah susu di peternakan milik Surinder Singh di Kota Medan. Omzet penjualan susu menurun sejak pandemik corona (IDN Times/Prayugo Utomo)

Tak hanya itu Rober, juga akan membranding Karanganyar dengan branding susu kambing. Hal ini karena melihat potensi peternakan yang muncul dari 2 waduk yaitu Waduk Gondang dan Waduk Jatipuro saat ini.

"Ini serapan wisata kedepan luar biasa, banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan. Salah satunya yang ingin di dorong adalah potensi dari sisi peternakan. Kalau Boyolali punya brand susu sapi. Pengen sekali Karanganyar punya branding susu kambing. Melihat potensi alam dari hasil pakan yg ada di Karanganyar luar biasa," katanya..

Diterangkan Rober, hal tersebut dapat terwujud jika ada gerakan gotong royong dari semua pihak.

"Semangat harus didorong dengan adanya Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) dan teman-teman harus bergerak semuanya. Harus ada gerakan gotong royong, ajak karang taruna, ajak semua tokoh masyarakat. Karanganyar harus berubah bukan hanya karena saya, tapi sadarkan bahwa ini juga tugas mereka," pungkas Rober.

3. Merupakan alumus UMS.

Bahas Susu Kambing, Wakil Bupati Karanganyar Raih IP Cumlaudesuaramuhammadiyah.id

Rober sendiri merupakan S1 Fakultas Ekonomi UMS. Kemudian ia kembali melanjutkan janjang pendidikan di pragram Pascasarjana UMS jurusan Megister Manajemen.

"Saya dulu juga lulusan UMS S1, alhamdulilah hari ini diwisuda," ungkapnya.

Menjabat sebagai wakil Bupati ternyata tak menyurutkan tekad Rober untuk melanjutkan pendidikan. Meski sibuk, ia tetap meluangkan waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas perkuliahan.

"Bisa membagi waktu disela-sela jadwal, kebetulan kita masa pandemi belajarnya lewat zoom meeting," pungkasnya.

Baca Juga: Tembok Bangunan Baru SMA di Karanganyar Abal-abal, Ditendang Jebol

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya