Bahlil Sebut Erick Thohir Cocok Jadi Pemimpin Masa Depan

Saat keduanya hadiri pembagian Nomor Induk Berusaha (NIB).

Surakarta, IDN Times - Menteri BUMN, Erick Thohir disanjung langsung Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia saat menghadiri pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) pelaku UMKM perorangan di Museum De'Tjolomadu Karanganyar, Rabu (6/7/2022).

Dalam acara tersebut Bahlil secara terang-terangan menyebut Erick Thohir sebagai pemimpin masa depan.

1. Bicara dihadapan ratusan pelaku UMKM.

Bahlil Sebut Erick Thohir Cocok Jadi Pemimpin Masa DepanMenteri Investasi Bahlil Ladahalia dan Menteri BUMN Erick Thohir saat acara pembagian NIB di Karanganyar. (IDN Times/Larasati Rey)

Dihadapan ratusan penerima NIB, Bahlil saat itu berada di atas panggung bersama Erick Thohir melaukan perbincangan dengan para pelaku UMKM. Keduanya menanyakan tentang usaha, penghasilan berapa, serta permasalahan yang dihadapi.

Mereka juga memberikan bantuan kepada para UMKM. "Apa yang dibutuhkan sekarang? Butuh modal kerja tidak?," ujar Bahlil Lahadalia didampingi Menteri BUMN, Erick Thohir.

"Butuh mesin baru. Kemarin browsing-browsing itu harganya Rp 30 juta," kata salah satu pelaku UMKM.

Dalam perbincangan yang penuh canda tersebut, Bahlil bahkan dengan terang-terangan menyebut Erick Thohir sebagai calon pemimpin yang peduli UMKM.

2. Sebut Erick Thohir sebagai cocok sebagai pemimpin masa depan.

Bahlil Sebut Erick Thohir Cocok Jadi Pemimpin Masa DepanMenteri BUMN Erick Thohir. (IDN Times/Larasati Rey)

Dalam perbincangan tersebut, Bahlil bahkan secara terang-terang meminta kepada Erick Thohir modal kerja untuk para pelaku UMKM.

Bahlil pun kemudian menyebut jika Erick Thohir cocok jadi pemimpin yang peduli dengan UMKM.

"Bagaimana menurut Pak Erick. Ini cocok juga jadi pemimpin yang peduli sama UMKM," terang dia dibarengi tepuk tangan para pelaku UMKM.

Tak hanya itu, Bahlil juga memberikan masukan kepada pelaku UMKM agar menjadi pengusaha yang hebat. Menurutnya, pengusaha yang hebat itu tidak berpikir uang, tapi yang penting negosiasinya. Cara komunikasinya dengan mengolah bahan menjadi naik.

"Kalau nanti tidak dikasih bantuan, nanti lapor Pak Erick. Pemimpin masa depan itu harus menepati janji. Kalau pemimpin yang cuma jual janji, sebelum kita lahir sudah begitu," ungkapnya.

"Tapi pemimpin masa depan bukan memberikan janji tapi menepati janji," katanya.

3. Bahlil titip moral UMKM ke Erick.

Bahlil Sebut Erick Thohir Cocok Jadi Pemimpin Masa DepanMenteri Investasi Bahlil Ladahalia dan Menteri BUMN Erick Thohir saat acara pembagian NIB di Karanganyar. (IDN Times/Larasati Rey)

Tak hanya soal modal dan janji, Bahlil juga secara langsung bicara kepada Erick Thogir untuk menitipkan pesan moral kepada UMKM.

"Pak Erick, saya titipkan pesan moral UMKM. Semoga Pak Erick selalu ingat, kalau kedepan UMKM harus menjadi bagian yang tidak terpisahkan dan lubuk hati yang paling dalam dari Pak Erick Thohir," pungkasnya.

Sementara itu, Menteri (BUMN) Erick Thohir mengatakan keberpihakan kepada UMKM sesuai dengan Instruksi Presiden yang selalu menekankan bahwa basis pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah ekonomi kerakyatan. Erick menegaskan komitmen BUMN dalam mengedepankan UMKM mendapatkan porsi besar tanpa menafikan peran perusahaan-perusahaan besar yang menjadi pemain global.

"Jadi ada keseimbangan dan kesinambungan. Ekonomi kita ini perlu keseimbangan seperti membuat kopi, ada kopi, air panas, gula, diaduk supaya merata dan enak. Ekonomi yang kita bangun pun harus seimbang," ujarnya usai membagikan Nomor Induk Berusaha (NIB) ke 550 pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) perseorangan di Solo, Jawa Tengah.

Baca Juga: Pertemuan Kedua TIIWG G20 di Solo Akan Dihibur Karnaval SBC

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya