Beda sama Jokowi, Gibran Masih Wajibkan Warga Solo Pakai Masker

Kalau kamu tim mana, nih? Pakai atau lepas?

Semarang, IDN Times - Kendati Presiden Joko "Jokowi" Widodo sudah mengumumkan pelonggaran aturan pemakaian masker di tempat-tempat terbuka, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka justru menyatakan sikap berbeda. Putra sulung Jokowi tersebut justru meminta warganya untuk tetap memakai masker.

1. Tunggu instruksi dari Gubernur Jateng

Beda sama Jokowi, Gibran Masih Wajibkan Warga Solo Pakai MaskerGibran Rakabuming saat pembukaan Road To G20 Invesment Forum. (IDN Times/Larasati Rey)

Gibran mengaku memilih menunggu instruksi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo untuk aturan pelonggaran pemakaian masker. Menurutnya, meski kasus paparan COVID-19 di Solo sudah hampir tidak ada, ia meminta masyarakat tidak menurunkan kewaspadaan menangkal virus tersebut.

“Kalau di sini nunggu instruksi pak Gubernur dulu, ya. Kemarin saya sudah tanya pak Gubernur (Ganjar) intinya di sini ya masih pakai masker dulu, lah. Untuk warga ya usahakan tetap pakai masker. Terutama kalau di tempat kerumunan. Walau di outdoor (ruangan terbuka) tetap pakai masker. Kalau sudah ada instruksi akan kita ikuti, tenang saja ya, nanti pasti ada surat edarannya,” ujar Gibran ketika ditemui di acara Investment Forum road to G20 di Alila Hotel Solo, Rabu (18/5/2022).

Baca Juga: Gibran Marah Pembangunan Waterpark di Jurug Mangkrak 2 Tahun! 

2. Masker sudah menjadi fashion

Beda sama Jokowi, Gibran Masih Wajibkan Warga Solo Pakai MaskerGibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Gibran mengaku, jika pemakaian masker kini bukan hanya untuk faktor kesehatan dan antisipasi COVID-19 semata, melainkan juga sebagai fashion dan meningkatkan penampilan bagi sang pemakai.

“Masker ini tidak hanya untuk menangkal COVID-19, tapi juga untuk polusi dan lainnya, penting kok masker ini. Ya, membuat ganteng, meningkatkan level kegantengan 20 persen,” ungkap Gibran sambil bercanda.

3. Kasus COVID-19 di Kota Solo membaik

Beda sama Jokowi, Gibran Masih Wajibkan Warga Solo Pakai MaskerIlustrasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Gibran mengaku jika kasus COVID-19 di Solo sudah membaik, bahkan hanya meninggalkan satu kasus. Namun, Gibran tetap mengingatkan pada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Sekali lagi jangan sampai membuat kita lengah, nggampangke (meremehkan). Sudah tidak pakai masker, tidak vaksin booster, janganlah seperti itu. Booster baru 50 persen dari target ini,” ungkapnya.

Suami Selvi Ananda itu menegaskan kepada semua pihak untuk tetap menjaga agar kasus COVID-19 tidak naik lagi, mengingat saat ini Solo tengah merangkak menuju pemulihan ekonomi.

Ojo kesusu lepas masker (jangan terburu-buru melepas masker), kita menunggu instruksi pak gubernur dulu. Pak gubernur oke kita jalankan. Sayang kalau kasusnya naik lagi. Soalnya sudah banyak event di Solo. Sayang kalau sampai di-cancel atau diubah tanggalnya atau kapasitasnya dikurangi, kita jaga bareng ya,” pungkas Gibran.

Baca Juga: Respon Aturan Lepas Masker, Warga Jateng: Tetap Eling lan Waspodo

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya