Bekali Putra Putri Solo 2021, Selvi Ananda Curhat Gagal Jadi Finalis

Ia sampai dua kali daftar di ajang Putra Putri Solo, lho

Surakarta, IDN Times - Istri Wali Kota Solo, Selvi Ananda membekali 20 finalis Putra Putri Solo 2021, Jumat (12/11/2021) di Solia Hotel Yosodipuro, Surakarta. Selvi sharing kepada para peserta soal dirinya yang memutuskan ikut ajang pemilihan, 12 tahun lalu.

1. Selvi merasa nostalgia

Bekali Putra Putri Solo 2021, Selvi Ananda Curhat Gagal Jadi FinalisSelvi Anada berikan pembekalan ke Putra Putri Solo 2021. IDNTimes/Larasati Rey

Sebagai Putri Solo 2009, Selvi membagikan pengalaman tips dan trik menghadapi malam final pemilihan Putra Putri Solo 2021 yang berlangsung pada Sabtu (13/11/2021) di Taman Balekambang, Solo. 

“Senang sekali bisa balik ke sini lagi. Setelah 12 tahun yang lalu, proses yang panjang dan bisa hadir di sini dengan porsi yang berbeda,” tutur Selvi usai memberikan pembekalan.

Baca Juga: Jamu dan Madu, Menu Andalan Gibran dan Selvi Biar Strong Puasa Ramadan

2. Sempat satu kali gagal dan dilema

Bekali Putra Putri Solo 2021, Selvi Ananda Curhat Gagal Jadi FinalisSelvi Ananda saat dinobatkan sebagai Putri Solo 2009. IDNTimes/Larasati Rey

Selvi juga menceritakan awal mula ikut ajang pemilihan tersebut. Ia mengaku sudah dua kali ikut, yakni tahun 2007 dan 2009. Selvi bahkan sempat gagal saat pertama kali mendaftar sebagai calon Putri Solo 2007.

Dari kegagalan itu, ia lagi tahun 2009. Sebelum memutuskan untuk mendaftar lagi untuk ajang yang sama, Selvi sedang kuliah dan bekerja part time di sebuah stasiun kereta api lokal di Solo.

Ia mengaku dilema saat itu. Namun karena mendapat semangat dari temannya, Selvi kemudian memutuskan mendaftar lagi hingga pada akhirnya sukses menjadi Putri Solo 2009 meraih juara pertama.

3. Memiliki pengalaman hingga luar negeri

Bekali Putra Putri Solo 2021, Selvi Ananda Curhat Gagal Jadi FinalisSelvi Ananda. IDNTimes/Larasati Rey

Usai dinobatkan sebagai Putri Solo 2009, Selvi semakin sibuk. Ia bahkan diajak ke berbagai negara untuk mempromosikan pariwisata Kota Solo.

Selvi mengaku, selama berada di luar negeri, ia bahkan harus memakai sanggung hingga jarik sendiri tanpa dibantu orang lain. Suami Gibran Rakabuming Raka itu menyebut, menjadi Putri Solo justru menjadikan dirinya sebagai pribadi yang mandiri.

"Jadi sebagai Putri Solo ke depan kita harus dituntut mandiri, saya dulu waktu ada promosi di luar negeri pakai sanggul sendiri dan pakai jarik sendiri," jelasnya.

Ditanya soal kapasitas para finalis Putra Putri 2021, Selvi menyebut kualitas peserta setiap tahun mempunyai keunikan dan kelebihan masing-masing. 

“Pemilihan Putra Putri Solo mempunyai standar untuk menjadi duta wisata. Yang perlu ditingkatkan adalah kita sudah masuk era digitalisasi jadi harus menggunakan promosi yang berbeda. Manfaatkan media sosial karena eranya pakai media sosial, jadi harus mengikuti itu,” tegas Selvi. 

Sebagai generasi muda yang mempunyai tugas memajukan kota Solo, Selvi berharap para duta wisata yang terpilih mempunyai komitmen sebagai duta wisata tidak hanya sekedar untuk mendapatkan gelar semata.

‘Untuk menjalankan tugas-tugas kedepannya yang penting adalah apa tujuan mengikuti pemilihan Putra Putri Solo ini. Harus konsisten dan komitmen kalau nanti sudah dinobatkan menjadi duta pariwisata Solo,” pungkasnya.

Baca Juga: Pesona Selvi Ananda Saat Kenakan Batik Unik Ide Presiden Sukarno

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya