Bikin Penasaran, Gibran Sebut Batik Karya Paundra Pas Dengan Anak Muda

Kolaborasi di Hari Batik

Surakarta, IDN Times - Gusti Pangeran Haryo (GPH) Paundrakarna Jiwa Suryonegoro menemui Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo, Kamis (31/3/2022).

Pertemuan itu untuk membahas rencana kegiatan peringatan Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober di Loji Gandrung, rumah dinas Wali Kota Solo.

Baca Juga: Bhre dan Paundra Akhirnya Bertemu, Isyarat Damai di Mangkunegaran

1. Gandeng GPH Paundra di Hari Batik

Bikin Penasaran, Gibran Sebut Batik Karya Paundra Pas Dengan Anak MudaGibran Rakabuming dan GPH Paundrakarna usai pertemuan. (IDN Times/Larasati Rey)

Usai pertemuan, GPH Paundra membeberkan rencana pameran batik karyanya dengan Batik Keris pada saat Hari Batik Nasional mendatang. Dalam kegiatan itu rencananya digelar di Loji Gandrung tersebut nantinya akan menggandeng Guruh Soekarnoputra dan Puti Soekarno yang juga Anggota Komisi X DPR RI.

"Ini membicarakan agenda ke depan dalam rangka Hari Batik Nasional. Nanti akan ada pameran, suguhan kesenian, tari dan peragaan busana," jelas GPH Paundra.

GPH Paundra sendiri telah berkecimpung di dunia batik selama dua tahun terakhir. Hingga saat ini, ia telah membuat empat seri karya batik yang berkolaborasi dengan Batik Keris.

"Batik karya saya sudah ada empat seri, dan saya berkolaborasi dengan Batik Keris," katanya.

2. Karya GPH Paundra bikin penasaran netizen

Bikin Penasaran, Gibran Sebut Batik Karya Paundra Pas Dengan Anak MudaGibran Rakabuming Raka (kanan) saat memakai batik karya GPH Paundrakarna. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu dikesempatan yang sama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan dirinya memiliki konsep untuk menggelar batik karya GPH Paundra. Hal ini terlepas dari banyaknya netizen yang menanyakan kemeja batik yang ia kenakan pada saat bertugas.

"Kemarin kan netizen dan teman-teman saya, pada tanya saat saya pakai batik warna hijau. Terus saya bilang ini karya Gusti Paundra, semua pada heboh," ujar Gibran.

Tak hanya itu, Gibran juga memuji sosok Paundra yang ganteng dan sebagai seniman sejati dan karya-karyanya masuk untuk kalangan anak-anak muda. Sehingga batik bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

"Batik karya Gusti Paundra bisa digunakan sehari-hari untuk ke kafe, mal, desainnya masuk," kata Gibran.

3. Ajak anak muda pakai batik.

Bikin Penasaran, Gibran Sebut Batik Karya Paundra Pas Dengan Anak MudaGPH Paundrakarna Jiwa Negara. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut Gibran mengaku sengaja mengajak GPH Paundra untuk berpartisipasi dalam peringatan Hari Batik Nasional mendatang. Putra sulung Presiden Joko Widodo itu juga berharap batik semakin banyak digemari anak-anak muda.

Batik tidak hanya dipakai waktu acara formal saja tapi juga untuk acara nongkrong, pergi ke mal atau ngopi, wedangan.

"Saya ingin mengangkat batik lewat karya Gusti Paundra. Saya sekali pakai saja sudah jadi bahan pembicaraan, apalagi kalau nanti Mas Paundra mengeluarjan seri-seri lainnya," pungkasnya.

Baca Juga: Temui Mengkunegara X, Gibran Pakai Batik Karya Paundra, Ini Alasannya

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya