Bocoran TSTJ Solo, Bakal Jadi Miniatur Taman Safari

Gibran sukses gaet investor ternama.

Surakarta, IDN Times - Kebun Binatang Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo, Jawa Tengah akan dijadikan miniatur Taman Safari. Kebun binatang yang berlolasi di pinggir Sungai Bengawan Solo tersebut akan dikembangkan dan ditingkatkan lebih baik lagi.

Baca Juga: La Lembah Sembuh, Putri Gibran Sempat Masuk Masa Kritis Demam Berdarah

1. Gaet investor Taman Safari Indonesia

Bocoran TSTJ Solo, Bakal Jadi Miniatur Taman SafariGibran Rakabuming Raka. IDNTimes/Larasati Rey

Rencana untuk menjadikan TSTJ sebagai miniatur taman safari tersebut diungkapkan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka seusai bertemu dengan investor TSTJ, Hans Manansang yang juga  Direktur Taman Safari Indonesia, di Loji Gandrung, rumah dinas Wali Kota Solo, Selasa (22/2/2022). Keberadaan kebun binatang yang dibangun tahun 1976 tersebut memiliki potensi yang besar bagi Kota Solo.

"Miniatur Taman Safari bisa juga, tadi sudah kita bahas tidak ada lagi konsep -konsep kebun binatang yang pakai kerangkeng semua dilepas semua. Nanti ada petting zoo, pokoknya tanpa kerangkeng semua," ujar Gibran.

Menurut Gibran apa yang ada di TSTJ saat ini akan dipertahankan. Termasuk Taman Gesang yang berada di dalam TSTJ, akan dipertahankan.  Nantinya, TSTJ akan dibagi menjadi tujuh zona.

"Tapi belum bisa saya bocorin sekarang ya kalau sudah pasti saja ya. Nanti tetap jalan kaki bukan pakai mobil, biasanya ada sungainya, ga ada pagarnya pokoknya nanti ada pemisahnya nanti saja kalau gambarnya udah jadi," jelasnya lagi.

2. Bisa bertahan saat pandemi

Bocoran TSTJ Solo, Bakal Jadi Miniatur Taman SafariDesain TSTJ Jurug. Dok/Gibran Rakabuming

Lebih lanjut Gibran mengatakan TSTJ termasuk salah satu kebun binatang yang bisa bertahan selama pandemi. Tidak semua kebun binatang bisa tetap berjalan selama pandemi COVID-19. 

Sebab tidak mudah berjualan tiket selama pandemi, tetapi TSTJ bisa berjalan baik meskipun banyak tantangannya. Tetapi menurut Gibran, secara komersial cukup baik dan saat ini akan dinaikkan kelasnya. Apalagi sejak tahun 1976, baru sekarang akan direvitalisasi.

"Untuk masalah kerja sama sambil jalan ya, tapi kita udah tentukan tetap Perumda, prosesnya ngga panjang. Sebelum dengan Taman Safari kan saya tawarkan ke yang lain dulu, tapi tidak berhasil ya ini rezekinya di Taman Safari, prosesnya lama," katanya.

3. Tingkatkan sisi edukasi

Bocoran TSTJ Solo, Bakal Jadi Miniatur Taman SafariPertemuan Gibran dengan Taman Safari Indonesia. IDNTimes/Larasati Rey

Sementara itu, Hans Manansang yang juga Ketua DPP Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (Putri), pada kesempatan yang sama mengatakan apa yang dilakukan untuk TSTJ bukan hanya investasi tetapi ingin membangun yang sudah ada. Pihaknya ingin meningkatkan sisi edukasi yang selama ini belum diterapkan maksimal di TSTJ.

"Tapi ingin membangun yang sudah ada, kita revitalisasi dibuat lebih modern dan bisa lebih meningkatkan sisi edukasi. Sehigga orang yang datang, anak-anak bisa belajar mencintai satwa terutama satwa-satwa Indonesia," ujar Hans.

Baca Juga: Taman Jurug Dirombak Total, ini Lho Bocoran Desain Baru TSTJ

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya