Daftar 8 Calon Rektor UNS 2023-2028, Satu Calon Termuda Gagal Lolos

Akan dipilih 3 kandidat terbaik

Surakarta, IDN Times - Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menetapkan delapan Bakal Calon Rektor UNS masa bakti 2023--2028. Kedelapan bakal calon Rektor UNS tersebut mengikuti uji rapat pleno terbuka Majelis Wali Amapat, penyampaian visi misi bakal calon rektor UNS, yang digelar di Auditorium GPH Haryo Mataram, UNS, Senin (17/10/2022).

1. Satu calon rektor tidak lolos

Daftar 8 Calon Rektor UNS 2023-2028, Satu Calon Termuda Gagal LolosDelapan calon Rektor UNS. (IDN Times/Larasati Rey)

Wakil Ketua MWA UNS, Prof Hasan Fauzi, mengatakan, penetapan tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) MWA UNS Nomor 19/UN27.MWA/HK/2022 tentang Penetapan Bakal Calon Rektor Terjaring dalam Pemilihan Rektor UNS Masa Bakti 2023--2028. Penetapan itu dilakukan setelah Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor (P3CR) melakukan verifikasi berkas pendaftaran para pendaftar bakal calon Rektor UNS.

"Kami sudah melakukan verifikasi berkas dari mulai 12 hingga 14 Oktober 2022. Setelah diverifikasi, dari sembilan pendaftar bakal calon Rektor, yang lolos verifikasi ada delapan," terangnya.

Adapun delapan calon rektor UNS yang lolos sebagai berikut:

  1. Prof. Dr. Bandi, M.Si., Ak., Prof. Dr. Hartono, dr., M.Si.
  2. Prof. Dr. I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani, S.H., M.M.
  3. Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T., Prof. Dr. Reviono, dr. Sp.P(K).
  4. Prof. Dr. rer. nat. Sajidan, M.Si.
  5. Prof. Dr. Ir. Samanhudi, S.P., I.P.M., ASEAN Eng.
  6. Prof. Dr. Venty Suryanti, S.Si., M.Phil., Ph.D.

2. Calon termuda tak lolos verifikasi pendaftaran

Daftar 8 Calon Rektor UNS 2023-2028, Satu Calon Termuda Gagal LolosProf. Irwan Trinugroho, bakal calon rektor UNS yang tak lolos. (IDN Times/Larasati Rey)

Dari kesembilan pendaftar, Prof Irwan Trinugroho, dinyatakan tidak memenuhi berkas pendaftaran, sehingga tidak dapat ditetapkan sebagai bakal calon rektor. Berkas yang tidak memenuhi syarat tersebut adalah berhubungan dengan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) atau Laporan Hasil Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN).

Saat ditemui wartawan, Prof Irwan mengaku dirinya tidak lolos sebagai sebagai calon rektor karena belum melengkapi syarat yakni pengumpulan laporan Laporan Hasil Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN).

"Saya sebenarnya kalau ditanya sudah mengumpulkan sudah, karena saya memiliki bukti pengumpulan dan mungkin di akhir menjelang verifikasi, itu web tidak dapat diakses," katanya.

Kendati tak lolos ke tahap selanjutnya, Prof Irwan mengaku menerima hasil dan keputusan dan akan kembali menjalankan tugas sebagai civitas akademika UNS.

"Saya tidak kecewa karena saya ikut sudah menyuarakan visi misi saya untuk UNS kedepan," ujar bakal calon rektor termuda berusia 37 tahun itu.

3. Akan dipilih tiga calon rektor terbaik

Daftar 8 Calon Rektor UNS 2023-2028, Satu Calon Termuda Gagal LolosRapat pleno pemilihan calon Rektor UNS. (IDN Times/Larasati Rey)

Tahapan selanjutnya pemilihan rektor UNS adalah pemaparan visi dan misi oleh calon Rektor UNS dalam panel 1. Peserta kemudian tahap selanjutnya, yang mana MWA UNS akan menetapkan tiga calon rektor UNS terbaik dalam Rapat Pleno MWA pada tanggal 20 Oktober 2022.

“Setelah ditetapkan tiga calon Rektor UNS, para calon Rektor UNS ini diberikan kesempatan untuk memaparkan visi dan misinya dalam panel 2 pada tanggal 27--28 Oktober 2022. Jika sudah, MWA akan menggelar rapat pleno dengan agenda pemilihan Rektor UNS pada tanggal 11 November 2022. Lalu untuk pelantikan dan pengambilan sumpah Rektor UNS terpilih dijadwalkan pada tanggal 10--11 April 2023,” ujar Prof Hasan.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya