Destinasi Baru Candi Prambanan, Teater Graha Purbo Waseso Kencono

Gedung teater berkonsep modern.

Klaten, IDN Times - Gedung Teater Graha Purbo Waseso Kencono, menjadi destinasi baru di kawasan wisata Candi Prambanan. Gedung yang berlokasi di Jalan Manisrenggo km 1, Tlogo, Kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah ini menyajikan pertunjukan tradisional Jawa.

Baca Juga: Fakta Terbaru Penemuan Bangunan Kuno Mirip Candi di Dieng

1. Dilengkapi fasilitas modern

Destinasi Baru Candi Prambanan, Teater Graha Purbo Waseso KenconoIDN Times/Istimewa

Gedung pertunjukkan seni dan budaya yang dibangun oleh perusahaan Galuh Grup ini  merupakan gedung teater modern. Kendati menampil sajian pertunjukan tradisional namun nuansa seni modern dan perlengkapan ada di gedung teater tersebut. Seperti ruangan berAC dan layar LCD berukuran besar yang membuat penonton lebih leluasa melihat pertunjukkan. 

“Gedung ini dibuat untuk mengangkat seni seni yang ada di Jawa,” kata One Krisnata, pemilik Galuh Grup saat pembukaan gedung teater,  Kamis (6/2).

2. Berkapasitas 250 tempat duduk

Destinasi Baru Candi Prambanan, Teater Graha Purbo Waseso KenconoIDN Times/Istimewa

Selain menyajikan interior dan fasilitas modern gedung Teater Graha Purbo Waseso Kencono, memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 250 seat. Dengan lokasi yang tidak jauh dengan obyek wisata Candi Prambanan, membuat gedung teater ini menjadi salah satu destinasi andalan untuk melihat seni pertunjukan Jawa. 

Tak hanya untuk pementasan kesenian Jawa seperti ketoprak atau sendratari, gedung teater ini juga bisa digunakan untuk pertunjukan musikal seperi jazz, dan konser musik lainnya.

“Mulai sendratari, dan bahkan jazz bisa tampil.  Pihaknya sangat terbuka, dan konsepnya pengelola teater yang membuat show,” ungakpnya.

3. Jadi wadah apresiasi seniman di pedesaan

Destinasi Baru Candi Prambanan, Teater Graha Purbo Waseso Kenconospektakel.id

One Krisnata menjelaskan latar belakang pembuatan gedung pertunjukan ini karena sendratari dan ketoprak saat ini merebak dan digelar dari desa ke desa. Adanya gedung pertunjukan dapat menjadi sarana pendukung untuk mengangkat kejayaan seni dan budaya Jawa.

Diharapkan, adanya gedung ini para seniman dapat menggunakan fasilitas sekaligus untuk melestarikan budaya Jawa.

”Seperti di Italia, mereka memiliki gedung opera, Amerika juga ada gedung teater. Jawa mestinya mulai menghargai seni tradisional dengan mendirikan tempat manggung yang layak,” pungkasnya.

Baca Juga: Info Wisata Candi Prambanan: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnya

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya