Duh! Tembok Bangunan BCB Usia 100 Tahun Milik Keraton Solo Dirusak

Padahal menjadi situs sejarah cikal bakal Keraton Surakarta

Surakarta, IDN Times - Tembok bekas Keraton Kartasura yang ada di Kampung Krapyak Lor, Kelurahan, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah dijebol menggunakan alat berat ekskavator. Penjebolan dilakukan sejak Kamis (21/4/2022).

1. Pihak keraton minta penjebolan dihentikan

Duh! Tembok Bangunan BCB Usia 100 Tahun Milik Keraton Solo DirusakTembok bekas Keraton Kartasura dijebol alat berat. (Dok. IDN Times/bt)

Juru Pelihara bekas bekas Keraton Kartasura, Fredo Candrakusuma mengatakan, jika pihaknya sudah meminta untuk menghentikan penjebolan tembok sepanjang tiga meter tersebut. Ia pun langsung menghubungi Dinas Pendidikan Kebudayaan Sukoharjo dan kepolisian untuk mengecek di lokasi.

"Saya dapat informasi itu kemarin sore dan langsung ke sini. Saya pun langsung menghubungi perangkat wilayah setempat. Proyek sudah kami minta dihentikan dulu sementara," katanya, Jumat (22/4/2022).

Baca Juga: Pengangkatan Permaisuri Keraton Solo Melanggar, Dewan Adat Gak Terima

2. Untuk dijadikan akses pintu masuk keraton

Duh! Tembok Bangunan BCB Usia 100 Tahun Milik Keraton Solo DirusakTembok bekas Keraton Kartasura dijebol alat berat. (Dok. IDN Times/bt)

Lebih lanjut, Fredo mengatakan tembok bekas Keraton Kartasura yang dijebol tersebut akan dibuat untuk akses atau pintu. Sedangkan lahan yang dikeruk dan diratakan akan dibuat bengkel.

"Ini dijebol sengaja pakai backhoe, rencana mau dibuat pintu. Backhoe masih ada dan tadi masih beroperasi, tapi ini sudah dihentikan sementara," imbuhnya.

Pihaknya menyayangkan dan sedih dengan dijebolnya tembok yang berusia lebih 100 tahun itu. Bersama warga Kartasura, ia bahkan rutin memelihara kawasan bekas Keraton Kartasura yang merupakan cikal bakal berdirinya Keraton Kasunanan Surakarta tersebut.

"Sedih pastinya. Saya itu yang merawat dan nguri-nguri juga bersama Kartasura. Ibaratnya itu batu bata satu jatuh disusun kembali, apalagi dijebol kayak gini, nangis pastinya," pungkasnya.

3. Tak ada izin pembangunan

Duh! Tembok Bangunan BCB Usia 100 Tahun Milik Keraton Solo DirusakKawasan dalam Museum Keraton Kasunanan Surakarta. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, Camat Kartasura, Joko Miranto menyebut, sejauh ini tidak ada izin pengerjaan proyek di lokasi lahan bekas Keraton Kartasura tersebut.

"Belum ada izin, rencana mau dibikin apa juga belum tahu. Langkah sementara kami menghentikan kegiatan sambil menunggu proses," ungkapnya.

Joko pun meminta kepada warga untuk responsif jika menemukan benda yang diduga aneh atau diduga sebagai cagar budaya agar segera melaporkan. Sehingga tidak langsung dirusak dan kejadian serupa terulang kembali.

"Ini agar situs atau cagar budaya tidak rusak punah. Kejadian ini jadi pengalaman untuk kita dan terakhir jangan sampai terjadi lagi, kita juga akan mendesak dinas terkait untuk melestarikan ini, paling tidak perawatan atau ada tanda-tanda pemberitahuan," pungkasnya.

Baca Juga: 2 Tahun Vakum, Keraton Solo Adakan Lagi Tradisi Malam Selikuran

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya