Gaet Turis, Solo Bikin Atraksi Prajurit Bak Buckingham Palace Inggris

Bagian dari pemulihan ekonomi saat pandemik COVID-19

Surakarta, IDN Times - Sejumlah cara dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo untuk menarik wisatawan. Salah satunya dengan mengelar atraksi prajurit layaknya di Istana Buckingham, Inggris.

1. Menjadi destinasi wisata baru

Gaet Turis, Solo Bikin Atraksi Prajurit Bak Buckingham Palace InggrisPrajurit Keraton Kasunanan Surakarta. Dok/Humas Pemkot Solo

Acara launching atraksi prajurit Keraton Kasuanan Surakarta dihadiri oleh Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo dan juga Walikota Solo, Gibran Rakabuming pada Sabtu (6/11/2021). Atraksi prajurit tersebut diadakan di depan lokasi Kori Kamandungan dan disaksikan langsung oleh Raja PB XIII.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Kota Surakarta Aryo Widyandoko, mengatakan, Pemkot Solo menghadirkan pergelaran atraksi prajurit Keraton Kasunanan Surakarta untuk menarik minat wisatawan.

"Sebetulnya atraksi ini sudah digelar lima kali, namun untuk peluncuran dilakukan Sabtu (6/11/2021). Harapannya ini bisa menjadi event mingguan yang diselenggarakan setiap hari Sabtu. Bagus lagi kalau ada kuda, kereta kencana," ungkapnya.

Baca Juga: Gibran Siap Kawal Kasus Tewasnya Mahasiswa UNS Saat Diklat Menwa

2. Mengadopsi atraksi prajurit di Istana Buckingham

Gaet Turis, Solo Bikin Atraksi Prajurit Bak Buckingham Palace Inggrisroyal.uk

Wakil Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (Asita) Jawa Tengah, Daryono mengatakan atraksi prajurit tersebut bisa dibilang mirip dengan ataraksi prajurit di Buckingham Palace, Inggris. Atraksi tersebut menjadi primadona sekaligus andalan untuk menarik minat wisatawan. Ataraksi ini nantinya akan digelar setiap minggu.

"Di Buckingham Palace (Kerajaan Inggris) atraksi ini dilakukan setiap hari dan laku keras. Atraksi budaya ini menjadi salah satu daya tarik wisata," ujarnya.

3. Dipimpin langsung oleh Gibran

Gaet Turis, Solo Bikin Atraksi Prajurit Bak Buckingham Palace InggrisWalikota Solo Gibran Rakabuming pimpin upacara prajurit Keraton. IDNTimes/Larasati Rey

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming yang bertindak sebagai pembina upacara, usai defile prajurit karaton selesai menyatakan, menjadi sebuah kehormatan bagi Kota Surakarta medapatkan giliran pertama dan model bagi daerah lain untuk menampilkan atraksi budayanya.

"Ini merupakan momen yang sangat baik untuk kebnagkitan perekonomian khusunya pariwisata Kota Solo," Ucap Gibran.

Defile prajurit dari kesatuan prjurit Karaton Kasunanan itu bisa menjadi suguhan edukasi kesejarahan, tourism hospitality serta dapat dioptimalkan sebagai aset pariwisata Kota Solo. Selain itu juga untuk mempercepat pemulihan ekonomi serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Bengawan saat pandemik COVID-19.

Untuk diketahui, atraksi tersebut melibatkan ratusan prajurit, baik dari Keraton Solo maupun dari Pemkot Surakarta. Beberapa prajurit tersebut antara lain Prajurit Joyosuro, Ngarso Kedaton, Margo Utomo, Sorogeni, dan Nayoko Projo.

Baca Juga: Jumpa Pers, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Pingsan, Gibran Panik

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya