Gak Datang Jumenengan Mangkunegoro X, Paundra Bertemu Megawati

Pihak Mangkunegaran menepis anggapan ada permasalahan

Surakarta, IDN Times - Gusti Pangeran Haryo (GPH) Paundrakarna Jiwa Suryanegara yang merupakan putra tertua mendiang KGPAA Mangkunegoro IX tidak terlihat sejak acara Jumenengan atau kenaikan tahta Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara X di Pura Mangkunegara, Sabtu (12/3/2022).

1. Paundra tidak terlihat selama prosesi Jumenengan

Gak Datang Jumenengan Mangkunegoro X, Paundra Bertemu MegawatiKGPAA Mangkunegara X. (IDN Times/Larasati Rey)

Sejumlah tokoh-tokoh penting dari raja-raja Mataram Islam hingga Presiden Joko "Jokowi" Widodo hadir saat acara tersebut. Termasuk, salah satu kandidat calon Mangkunegara X lain, yakni Kanjeng Raden Mas Haryo (KRMH) Roy Rajasa Yamin. Roy bahkan mendampingi Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX ketika prosesi penobatan dimulai.

Sebaliknya, GPH Paundrakarna yang merupakan putra sulung dari dua bersaudara pasangan KGPAA Mangkunegara IX dan Sukmawati Soekarnoputri--kini sudah bercerai--justru tidak terlihat dari awal prosesi hingga akhir prosesi Jumenengan.

2. Paundra pamit ke Jakarta

Gak Datang Jumenengan Mangkunegoro X, Paundra Bertemu MegawatiPresiden Jokowi duduk diantara Raja PB XIII dengan HB X Yogyakarta di Pura Mangkunegaran. (Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Ketua Himpunan Kerabat Mangkunegaran (HKMN), Satyotomo mengatakan, jika tepat di hari yang sama, Paundra sedang berada di Jakarta. Ia menegaskan, ketidakhadiran Paundra saat Jumenengan Mangkunegoro X bukan berarti menunjukkan sedang ada masalah yang terjadi dengan Bhre.

"Ya, berada di Jakarta. Tapi saya kira bisa dipahami. Gak ada apa-apa, kemarin waktu mau berangkat sudah berpamitan. Dengan berjalannya waktu itu hal yang biasa, nanti juga kembali lagi," imbuhnya.

3. Paundra ingin bertemu Megawati

Gak Datang Jumenengan Mangkunegoro X, Paundra Bertemu MegawatiKetua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memberikan keterangan pers usai pengukuhan dirinya sebagai Ketua Umum PDIP periode 2019-2024 dalam Kongres V PDI Perjuangan di Sanur, Denpasar, Bali, Kamis (8/8/2019). Megawati Soekarnoputri terpilih kembali secara aklamasi sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan periode 2019-2024 (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Sebelumnya, GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara sempat melontarkan kekecewaanya di media sosial. Bahkan, Paundra sempat mendatangi kediaman mantan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Selasa (8/3/2022) Malam.

Kedatangan Paundra ke rumah ketua DPC PDIP Solo tersebut ingin berpamitan ke Jakarta dan menemui Megawati Soekarno Putri yang juga adik dari Ibunya Paundra.

"Pertama datang ke sini mau dolan (main). Lalu bilang pamitan kalau mau ke Jakarta," kata Rudy, Rabu, (9/3/2022).

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya