Gibran dan Rudy Kompak Tak Datang ke Rakernas PDIP, Ini Alasannya

Rudy pilih jaga gawang

Solo, IDN Times - Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo tidak akan menghadiri Rapat Kerja Nasional sekaligus HUT ke-74 di Kemayoran pada tanggal 10-12 Januari.

Baca Juga: Saingan Dengan Gibran, Achmad Purnomo: Kader PDIP Solid Menangkan Saya

1. Gibran tak dapat undangan

Gibran dan Rudy Kompak Tak Datang ke Rakernas PDIP, Ini AlasannyaIDN Times/Larasati Rey

Meski telah menjadi kader PDIP, ayah Jan Ethes Srinarendra mengaku tidak akan menghadiri Rakernas 2020 di Jakarta. Ia mengaku tidak mendapat undangan dari partai moncong putih tersebut.

"Saya tidak dapat undangan dan perintah dari partai untuk berangkat," ujarnya saat menghadiri temu dengan seniman di Ndalem Gondosuli, Laweyan, Kamis malam (9/1).

Gibran mengaku memilih untuk blusukan dan bertemu dengan masyarakat Solo untuk mendengar aspirasi warga, sebagai bekal dirinya untuk maju sebagai bakal calon Wali Kota Solo dalam Pilkada 2020 mendatang.

2. Rudy pilih jaga gawang

Gibran dan Rudy Kompak Tak Datang ke Rakernas PDIP, Ini AlasannyaIstimewa

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo memilih untuk tinggal di Solo, untuk menjadi Kepala Tanggap Bencana mengingat Kota Solo termasuk dalam wilayah rawan bencana.

"Rakernas itu untuk kepentingan organisasi dan sudah ada perwakilan dari Pak Wakil (Achmad Purnomo.red) yang mewakili kepala daerah, dan Pak Joni dan Pak Teguh mewakili dari DPC. Saya izin karena Solo rawan bencana sehingga tidak mungkin saya dan pak pur sebagai kepala daerah pergi semua," ungkapnya usai menghadiri Apel Siaga Bencana Kota Surakarta, Jumat (10/1).

Meski tidak hadir, namun pria yang akrab disapa Rudy tersebut telah mengutus pengurus dan kader PDIP lainnya untuk berangkatkan, salah satunya Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, dan Sekretari DPC PDIP Teguh Prakosa.

"Kepala Daerah itu wajib sebetulnya, tapi karena kepentingan bersama tanggap bencana, ini kan Solo dikatagorikan rawan bencara, jadi pas nanti ada bencana saya dan Pak Pur (Wakil Wali Kota.red)tidak ada kan lucu, Walikota dan wakilnya lungo kabeh," imbuhnya.

3. Rakernas PDIP 2020

Gibran dan Rudy Kompak Tak Datang ke Rakernas PDIP, Ini AlasannyaKonferensi pers PDI Perjuangan menjelang Rakernas dan HUT ke-47, Rabu (8/1). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Acara Rakernas sekaligus HUT ke-74 PDIP digelar di Kemayoran, Jakarta pada 10-12 Januari 2020. Rakernas 2020 tersebut menganggkat tema 'Solid bergerak wujudkan Indonesia negara industri berbasis riset dan inovasi nasional.'

Rakernas PDIP dihadiri lebih dari 4.000 kader dari seluruh Indonesia. Sejumlah bahasan akan didengungkan dalam Rakernas tersebut, diantaranya konsep berdikari, isu ujaran kebencian, dan langkah konsolidasi ideologi, organisasi, politik, konsolidasi kader, dan program untuk memperkuat jalan kemajuan Indonesia dan merancang haluan negara. Presiden Joko Widodo direncanakan hadir dalam Rakernas PDIP 2020 tersebut.

Baca Juga: Ikut Fit and Proper Test Begini Gaya Gibran di Markas PDIP Jateng 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya