Gibran Menolak Jadi Cawapres Prabowo, Belum Cukup Umur

Mengaku ilmunya belum cukup.

Surakarta, IDN Times - Usai mendapat tanggapan dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo terkait munculnya wacana duet Prabowo Subianto dengan Gibran Rakabuming Raka sebagai capres-cawapres 2024.

Dalam komentarnya Presiden Jokowi menyebutkan jika membuat wacana itu harus menggunakan logika yang benar.

Baca Juga: Gibran Tangkap 4 Juru Parkir Liar Masjid Syeikh Zayed Solo, Ngepruk!

1. Belum cukup umur.

Gibran Menolak Jadi Cawapres Prabowo, Belum Cukup UmurWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Isu wacana tersebut juga ditanggapi oleh Gibran Rakabuming Raka yang juga menjabat sebagai Walikota Solo. Gibran dengan tegas jika wacana dirinya cawapres tidak sesuai dengan ketentuan.

"Ya kan rumor, wes tak jawab belum cukup umur," kata Gibran saat ditemui di kantor Balaikota Solo, Jumat (5/5/2023).

Adapun batas usia capres-cawapres berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu minimal 40 tahun. Saat ini Gibran sendiri baru berusia 35 tahun.

2. Belum cukup ilmu.

Gibran Menolak Jadi Cawapres Prabowo, Belum Cukup UmurPrabowo Subianto usai temui Presiden Jokowi. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu ditanya soal langkah kedepan jika usainya sudah memenuhi kriteria batas usia capres-cawapres. Gibran pun menjawab jika dirinya belum cukup ilmu.

Menurutnya, jabatan cawapres bukan jawabatan yang mudah, dan memliki tugas dan tanggung jawab yang berat.

"Ilmunya belum cukup, itu wes saya itu masih perlu banyak belajar. Baru 2 tahun ki lho ya, itu tugas berat lho, ojo mbok bayangke gampang," kata Gibran.

3. Nama Gibran santer jadi cawapres Prabowo.

Gibran Menolak Jadi Cawapres Prabowo, Belum Cukup UmurPrabowo Subianto usai temui Presiden Jokowi. (IDN Times/Larasati Rey)

Sebelumnya, nama Gibran santer diberikan sebagai salah satu kandidat cawapres dari Prabowo Subianto. Tak hanya itu, Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada 9 April 2024 lalu merilis survi capres 2024. Dan nama Gibran masuk menjadi salah satunya radar capres 2024.

Dalam survei itu, elektabilitas Gibran berada di posisi keenam di bawah Sandiaga Uno. Elektabilitas Gibran tercatat 2,7 persen.

Tak hanya itu, Prabowo Subianto pada Rabu (22/4/2023) lalu juga memberikan pujian kepada Gibran atas pencapaian surveinya.

"Yang penting ini semua, mas Gibran surveinya naik terus," kata Prabowo usai bertemu dengan Prasiden Jokowi pada momen Lebaran Idul Fitri 1444 H dikediaman Presiden di Sumber, Solo.

Baca Juga: Dulu Dilarang, Gibran Izinkan TKPK Pemkot Solo Berpolitik Pemilu 2024

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya