Comscore Tracker

Gibran Sulap Lokananta Solo Jadi SandBox Bak di Drama Korea Start-up

SandBox jadi ajang inovasi dan kreativitas di Kota Solo

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengundang mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama ke studio rekaman Lokananta, Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (4/3/21). Dalam kunjungan tersebut, Wishnutama mengatakan jika Lokananta memiliki pontensi untuk bisa dijadikan sebagai SandBox.

1. Melihat Potensi Lokananta

Gibran Sulap Lokananta Solo Jadi SandBox Bak di Drama Korea Start-upWali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan Wishnutama berkunjung ke Lokananta, Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Wishnutama bersama Gibran berkesempatan berkeliling ke Museum Lokananta dan area studio rekaman. Keduanya melihat langsung koleksi studio rekaman pertama Indonesia tersebut.

Wishunutama mengatakan kedatangannya ke Solo guna memenuhi undangan dari Gibran untuk melihat tersebut potensi studio Lokananta kedepannya. Ia bahkan mengaku baru pertama kali berkunjung ke lokasi tersebut.

"Saya diundang mas Gibran, untuk melihat salah satu potensi ke depan yang bisa dibangun di Kota Solo. Dan saya melihat, ini kan bisa menjadi ruang baru buat generasi muda di Indonesia," ujarnya.

Baca Juga: Gibran Tak Mau Buru-buru Tinggal di Loji Gandrung Peninggalan Belanda

2. Cocok digunakan sebagai SandBox

Gibran Sulap Lokananta Solo Jadi SandBox Bak di Drama Korea Start-upStudio Lokananta Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Lebih lanjut, Wishnutama mengatakan jika studio Lokananta bisa dikembangkan kedepannya untuk dimanfaatkan sebagai SandBox.

"Dan saya melihat ini bisa menjadi sebuah ruang baru buat generasi kita di indonesia misalnya dijadikan sebagai SandBox, jadi sebagai pusat ajang inovasi dan kreativitas dan bisa dikembangkan di Kota Solo, dan nanti juga bisa dijadikan tempat pertemuan investasi, pitching, dan sebaginya," jelasnya.

Menurut Wishnutama, kondisi Lokananta harus memiliki keterbaruan dan disesuaikan dengan zamannya.

"Ini kan sudah tua, dan udah tua kan harus di-upgrade dan disesuaikan dengan zamannya,” pungkasnya.

3. Konsep SandBox mirip di drama Korea Start-Up

Gibran Sulap Lokananta Solo Jadi SandBox Bak di Drama Korea Start-upistimewa

Dalam drama Korea, kata SandBox lagi tidak asing lagi. Sebab nama tersebut dijadikan sebagai salah satu nama lokasi dalam drama serial Start-Up.

Pada drama tersebut, SandBox merupakan suatu perusahan yang menampung para perusahan rintisan dengan konsep yang serupa dengan Silicon Valley. Sandbox digambarkan sebagai wadah untuk para calon pengusaha mendapat bimbingan dari senior, investor, dan kantor untuk mengembangkan usaha rintisan.

Terpisah, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, akan melakukan pembicaraan lebih lanjut dengan Wishnutama untuk konsep Lokanan kedepan. Gibran berharap selain dimanfaatkan sebagai SandBox, Lokananta juga bisa dijadikan sebagai ruang kreatif bagi generasi muda di Solo.

"Nanti kita buat ruang-ruang publik untuk anak-anak muda Solo yang kreatif. Salah satunya ya di Lokananta ini. Di bidang-bidang seperti ini beliau yang lebih faham,” pungkasnya.

Baca Juga: Urai Macet, Gibran Usul Elevated Rail di Palang Joglo Segera Dibangun

Topic:

  • Larasati Rey
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya