Halo Warga Solo! Gibran Jual Minyak Goreng Premium Harga Rp15 Ribu

Bundling minyak goreng dengan vaksin booster COVID-19

Surakarta, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta membuka pasar murah minyak goreng sebanyak 3.000 liter kepada 1.500 masyarakat Kota Solo dengan sistem kupon, hanya pada Selasa (5/4/2022) di Pendapi Gedhe Surakarta. Buat kamu warga Solo, ada syuarat khusus supaya bisa membeli minyak goreng tersebut. Apa itu?

1. Warga yang berminat harus sudah vaksin booster COVID-19

Halo Warga Solo! Gibran Jual Minyak Goreng Premium Harga Rp15 RibuVaksinasi booster kepada warga di Solo (IDN Times/Larasati Rey)

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, bazar minyak goreng yang pertama kali saat Ramadan itu diadakan dari hasil kerja sama Corporate Social Responsibility (CSR) PT Sinar Mas (Eka Tjipta Foundation). Ia menyebut, ada syarat khusus bagi warga yang membeli minyak goreng, yakni bagi mereka yang sudah divaksinasi ketiga atau booster COVID-19.

"Dan saya kira, ini cukup membantu, apalagi kita kombinasikan dengan vaksinasi COVID-19," ujar Gibran saat ditemui IDN Times, Selasa (5/4/2022).

Tak jauh dari lokasi bazar, Pemkot Solo membuka sentra vaksinasi di Balaikota Surakarta yang diperuntukkan bagi warga yang belum divaksinasi booster. Pasalnya, per Selasa (5/4/2022), capaian vaksinasi booster di Kota Solo mencapai 40 persen. Jumlah itu masih jauh dari target yakni 70 persen.

Baca Juga: Sidak ke Pasar dan Grosir, Kapolda Jateng Klaim Stok Minyak Goreng Cukup 3 Bulan 

2. Harga minyak goreng di pasaran masih tinggi

Halo Warga Solo! Gibran Jual Minyak Goreng Premium Harga Rp15 RibuPembagian minyak goreng murah di Balaikota Surakarta (IDN Times/Larasati Rey)

Bazar yang diadakan, menurut Gibran, dimaksudkan untuk mengatasi kelangkaan pasokan dan mahalnya minyak goreng.

“Harga (di bazar) masih berkisar antara Rp23--25 ribu. Ini ada bantuan dari PT Sinar Mas dengan harga Rp15 ribu per liter masing-masing dapat 2 liter. Saya kira cukup membantu, ya,” ujarnya.

Ditanya soal apakah ada kelangkaan minyak goreng, Gibran bilang, sudah tidak terjadi. Namun harga di pasaran masih cenderung tinggi.

“Terutama untuk minyak, iya (membantu meringankan warga). Untuk kelangkaan di Solo sudah tidak ada. Tinggal harganya saja yang masih belum kita intervensi,” pungkasnya.

3. Minyak goreng yang tersedia berkualitas premium

Halo Warga Solo! Gibran Jual Minyak Goreng Premium Harga Rp15 RibuMinyak goreng premium yang tersedia saat bazar (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, Direktur Eka Tjipta Foundation, Hong Tjihn mengapresiasi atas fasilitasi yang diberikan Pemkot Solo, yang menjual minyak goreng dengan paket vaksinasi booster COVID-19. Adapun, minyak goreng yang disediakan berkualitas premium.

"Hal itu sangat baik dengan mengombinasikan antara kesehatan dengan kesempatan dapat membeli minyak goreng dengan harga wajar bagi warga yang membutuhkan. Kami prihatin dengan masyarakat yang kesulitan mendapatkan minyak bermutu baik dengan harga wajar," ucapnya.

Baca Juga: Respon Arahan Jokowi, Ganjar Pranowo Siap Salurkan BLT Minyak Goreng

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya