Honor Volunter ASEAN Para Games Belum Cair, Macet di Kemenpora

Janjinya akhir bulan Agustus 2022 akan dibayarkan

Surakarta, IDN Times - Honor sukarelawan atau volunter ASEAN Para Games (APG) XI 2022 hingga Kamis (25/8/2022) tak kunjung turun. saat ini masih belum cair. Untuk diketahui, ada sebanyak 1.300 volunter yang direkrut selama event APG XI yang berlangsung 30 Juli hingga 6 Agustus 2022.

1. Volunter dijanjikan pembayaran akhir bulan

Honor Volunter ASEAN Para Games Belum Cair, Macet di KemenporaPertandingan cabor boccia dalam ASEAN Paragames (APG) XI Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Salah seorang volunter bagian teknologi informasi cabang olahraga (cabor) para badminton, Isma (25) membenarkan hal tersebut. Ia mengaku belum menerima honor atas kerjanya dalam membantu menyukseskan event olahraga difabel internasional tersebut.

Meski demikian, Isma mengaku jika pihak panitia telah memberikan kepastian soal pemberian honor volunter, yakni dijadwalkan dibayar pada akhir bulan Agustus 2022.

"(Honor) belum cair, teman-teman juga belum. Tapi, kalau yang dari vendor-vendor seperti PIC (person in charge) dan operator sudah cair," katanya saat dikonfirmasi IDN Times, Kamis (25/8/2022).

Baca Juga: Kisah Junaedi, Penggembala Kambing yang Tekuk Jagoan Thailand APG 2022

2. Pencairan honor terkendala di Kemenpora

Honor Volunter ASEAN Para Games Belum Cair, Macet di KemenporaGibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, Ketua Pelaksana Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) yang juga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka berjanji akan segera memberikan upah bagi para volunter pada akhir bulan Agustus 2022.

Ia menyebutkan bahwa belum turunnya honor mereka lantaran masih proses pencairan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Kendalanya ya masih menunggu dari kementerian, belum cair. Nunggu, akhir bulan ini transfer ke rekening masing-masing, tenang saja. Makanya saya kemarin ketemu pak deputi (dari Kemenpora), untuk menyelesaikan masalah (honor) ini, juga masalah hibah," ucapnya.

3. Honor akan ditrasfer ke rekening masing-masing

Honor Volunter ASEAN Para Games Belum Cair, Macet di KemenporaNi Nengah Widiasih saat pertandingan ASEAN Paragames 2022. (Dok/INASPOC)

Putra pertama Presiden Joko "Jokowi" Widodo itu tak menampik jika ada sejumlah volunter yang memprotes mengenai keterlambatan pembayaran honor. Gibran mengaku, sudah menjelaskan kepada mereka soal kendala yang dialami tersebut.

"Iya sempat dikomplain, tapi sudah saya sampaikan, akhir bulan ditransfer ke rekening masing-masing. Ada beberapa saja yang mungkin belum tahu," ujarnya.

Kendati demikian, Gibran menjamin dan memastikan seluruh volunter yang terlibat dalam penyelenggaraan APG XI 2022 akan menerima honor sebagaimana mestinya.

"Semua yang terlibat, tenang aja. Selesai selesai. Yang namanya administrasi ya agak menunggu dulu. Akhir bulan kita selesaikan. Pokoknya akhir bulan ini saya selesaikan," pungkasnya.

Baca Juga: Raihan Medali Indonesia di APG 2022 Lampaui Target, Atletik Terbanyak

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya