Ikuti Jalan Sehat Porseni NU di Solo, Jokowi: Rakyat Sehat Negara Kuat

Ajak cucu Jan Ethes jalan sehat.

Surakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengikuti kegiatan jalan sehat Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Nahdlatul Ulama (NU) yang digelar di Pura Mangkunegaran, Minggu (22/1/2023) pagi, di depan Pura Mangkunegaran, Solo.

Terlihat Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, dan juga cucu pertamanya Jan Ethes Srinarendra membuka acara jalan sehat bersama.

1. Dihadiri sejumlah menteri Indonesia Maju.

Ikuti Jalan Sehat Porseni NU di Solo, Jokowi: Rakyat Sehat Negara KuatPresiden Jokowi ikuti jalan sehat Porseni NU. (IDN Times/Larasati Rey)

Beseragam kaos putih, dalam acara tersebut tampak juga sejumlah tokoh publik diantaranya Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Olahraga Zainuddin Amali, Menkopolhukam Mahfud MD, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Anggota DPR RI Aria Bima, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Mangkunagoro X.

Mereka bersama ribuan warga NU berjalan menempuh jarak 1,8 kilometer dari Mangkunegaran ke arah barat di Jalan Ronggowarsito  menuju rumah dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung  hingga finish di kawasan Ngarsapura. Sembari menggandeng cucu pertamanya, Jan Ethes, Jokowi memulai jalan sehat dengan start dan finish di Pura Mangkunegaran. Puluhan ribu warga NU dari berbagai wilayah di Indonesia mengikuti kegiatan tersebut. 

"Saya sangat mengapresiasi Porseni dan jalan sehat yang diadakan di Kota Solo. Diharapkan dengan Porseni dan jalan sehat seluruh warga NU dan warga negara sehat semua. Karena dengan kesehatan itulah negara kita akan kuat. Dan saya akan ikut dari awal sampai akhir," papar Jokowi dalam sambutan saat melepas jalan sehat. 

2. NU miliki kontribusi besar untuk Indonesia.

Ikuti Jalan Sehat Porseni NU di Solo, Jokowi: Rakyat Sehat Negara KuatJalan sehat Porseni NU. (IDN Times/Larasati Rey)

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengikuti jalan sehat sehat secara utuh dengan waktu tempuh 56 menit.  Jokowi mengatakan jika semua masyarakat sudah tahu kontribusi besar NU yang disumbangkan untuk Negara.

"Seperti tadi saya sampaikan, saya mengapresiasi kegiatan-kegiatan dalam rangka 1 Abad Nahdlatul Ulama yang pagi ini kita adakan jalan sehat sama-sama yang akan membuat warga Nadliyin sehat, rakyatnya sehat sehingga negara akan kuat," ujar Jokowi seusai kegiatan.

Ditanya soal pesan Jokowi menjelang 1 Abad NU, Jokowi mengatakan jika NU memiliki kontrobusi besar untuk Indonesia.

"Saya kira tidak perlu kita ulangi lagi, semua sudah tahu, kontribusi besar apa yang diberikan Nahdlatul Ulama sudah tahu semua," kata Jokowi.

Seusai acara peserta jalan sehat  berbaur di lapangan Pamedan Mangkunegaran untuk menikmati suguhan grup musik kocak Pecas Ndahe. Mereka juga dengan sabar menanti doorprise yang dibagikan panitia.  

3. Porseni NU selesai digelar.

Ikuti Jalan Sehat Porseni NU di Solo, Jokowi: Rakyat Sehat Negara KuatJalan sehat Porseni NU. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, Perwakilan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur keluar sebagai Juara Umum Porseni NU 2023 yang dilaksanakan 14-21 Januari 2023. PWNU Jatim berhasil meraih 21 medali emas, 13 perak, dan 20 perunggu dari total 7 cabang olahraga dan 3 cabang kesenian yang dipertandingkan.

"Urutan pertama adalah Jawa Timur, dengan mendapatkan 21 medali emas, 13 perak, dan 20 perunggu," ujar Ketua PORSENI NU 2023 Nusron Wahid.

Sedangkan keluar sebagai juara kedua yakni PWNU DKI Jakarta dengan raihan medali 13 emas, 8 perak, dan 9 perunggu. Selanjutnya, peringkat ketiga diraih tuan rumah Jawa Tengah dengan menorehkan 7 emas, 11 perak, 16 perunggu. 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya