Jadwal Vaksinasi COVID-19 Anak 6-11 Tahun di Solo

Masih tunggu kiriman vaksin.

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka segera melakukan vaksinasi pada anak usia 6-11 tahun. Rencananya vaksinasi tersebut akan dimulai pada tanggal 24 Desember 2021.

Baca Juga: Cek! Jadwal Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Usia 6--11 Tahun di Semarang

1. Masih tunggu kiriman vaksin

Jadwal Vaksinasi COVID-19 Anak 6-11 Tahun di SoloWalikota Solo, Gibran Rakabuming. IDNTimes/Larasati Rey

Meski sudah menetapkan tanggal dimulainya vaksinasi Gibran menyebutkan jika dosis pertama vaksin tersebut belum dikirimkan.

“Iya, mulai 24 Desember, kiriman vaksinnya belum ada, tapi nanti kami akan koordinasikan dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Siap enggak siap, ya, kami harus siapkan,” katanya, Selasa (14/12/2021).

Jadwal vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun ini telah tercantum dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota No.067/4904 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 2 serta Pencegahan Penanggulangan COVID-19 Pada Saat Natal Tahun 2021 Dan Tahun Baru Tahun 2022 Di Kota Solo.

Pada SE nomor 14 poin H tersebut, tertulis menghimbau orang tua/wali peserta didik agar mengizinkan dan mendampingi anak usia enam tahun sampai dengan 11 sebelas tahun untuk divaksinasi Covid-19 mulai tanggal 24 Desember 2021.

2. Vaksinasi anak bakal gunakan data sekolah

Jadwal Vaksinasi COVID-19 Anak 6-11 Tahun di SoloIlustrasi pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah dasar. (ANTARA FOTO/Fransisco Carolio)

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (DKK) Kota Solo, Siti Wahyuningsih mengatakan pelaksanaan vaksinasi bagi anak di rentang usia 6-111 tahun nantinya akan menggunakan data dari pihak sekolah. Pihak DKK sendiri nantinya hanya akan bertugas mengatur lokasi dan jumlah sasaran vaksin.

"Artinya, DKK bertugas mengatur lokasi vaksin dan jumlah sasaran. Sementara, Dinas Pendidikan (Disdik) menyuplai data anak penerima vaksin. Data berbasis sekolah dipilih agar sekolah yang bersangkutan mengetahui mana anak yang sudah divaksin maupun sebaliknya," jelasnya.

Lebih lanjut, Siti menggungkapkan jika penggunaan data sekolah dinilai lebih mudah dibandingkan melakukan pendataan dari rumah ke rumah.

3. Tercatat ada 50 ribu anak

Jadwal Vaksinasi COVID-19 Anak 6-11 Tahun di Soloilustrasi pembelajaran tatap muka (unicef.org/Dayne)

Berdasarkan data dari rentan usia anak 6-11 tahun tercatat ada sekitar 50.000 an yang masuk dalam katagori tersebut. Sekretaris Disdik Kota Solo, Dwi Ariyatno mengatakan jumlah tersebut meliputi anak SD tetapi tidak menutup kemungkinan baik PAUD dan TK yang berada dalam katagori tersebut.

Untuk pelaksaan vaksinasi sendiri, rencananya akan digelar di lingkungan sekolah, pihaknya juga harus mempersiapkan tim pelaksanaan vaksinasi di sekolah.

"Vaksinasi untuk usia 12 tahun ke atas kan di rumah sakit (RS) atau sentra vaksinasi, kondisi lingkungan berpengaruh, jadi biar disiapkan di sekolah saja. Prosesnya dijadwal rombongan kecil satu sekolah," kata dia, belum lama ini," pungkasnya.

Baca Juga: Jadwal Vaksinasi COVID-19 buat Anak-anak di Semarang, Awas Kelewatan!

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya