Jokowi Ajak Keluarga Kunjungi Solo Safari, 3 Hari Sebelum Soft Opening

Solo Safari buka 27 Januari 2023 dan jadi ikon kota Solo nih

Surakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo bersama Ibu Negara, Iriana Jokowi mengunjungi kebun binatang Solo Safari di Jebres, Kota Solo, Senin (23/1/2023).

Dalam kunjungan tersebut, Presiden Jokowi mengajak dua cucunya Jan Ethes Srinarendra, La Lembah Manah, serta anak dan menantunya Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda.

1. Keluarga Jokowi kunjungan sebelum soft opening Solo Safari

Jokowi Ajak Keluarga Kunjungi Solo Safari, 3 Hari Sebelum Soft OpeningJan Ethes naik kuda di Solo Safari. (Biro Pers Setpres/Muchlis Jr)

Rombongan keluarga Presiden Jokowi tersebut tiba di 09.28 WIB, Presiden Jokowi disambut Deputi Direktur Taman Safari Indonesia, Hans Manangsang dan jajaran direksi Solo Safari.

Mereka kemudia masuk ke Taman Solo Safari. Berada di dalam, Presiden Jokowi yang menggendong La Lembah Manah dan keluarga melihat sejumlah hewan seperti ular piton albino, burung kakak tua, dan yang lainnya.

Presiden Jokowi juga melihat suasana dan proses revitalisasi Solo Safari atau yang dikenal Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ).

Baca Juga: Segera Dibuka! Kebun Binatang Solo Safari, Ada Resto di Kandang Singa

2. Jokowi beri pujian untuk pembangunan Solo Safari

Jokowi Ajak Keluarga Kunjungi Solo Safari, 3 Hari Sebelum Soft OpeningPresiden Jokowi bersama keluarga di Solo Safari. (IDN Times/Larasati Rey)

Sekitar kurang lebih 45 menit, Presiden Jokowi meninjau kawasan Solo Safari, usai kunjungan, Presiden Jokowi mengaku jika pembangunan kebun binatang satu-satunya di Kota Solo tersebut sangat bagus. Ia juga berharap kebun binatang Solo Safari menjadi ikon baru Kota Solo.

"Saya diajak Pak Wali untuk lihat pembenahan taman jurug, sekarang menjadi Solo Safari. Saya lihat sangat bagus meskipun belum selesai sudah kelihatan, akan semakin sangat bagus," terang Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menjelaskan, jika Solo Safari ini akan menjadi destinasi baru wisata di Kota Solo. Kebun binatang tersebut nantinya akan mendukung aset-aset produktif yang ada di Solo.

"Ada Solo Safari, tadi diceritain ada Pak Wali ada Taman Balekambang, nanti ada Night Marker di Gatot Subroto. Itu tempat-tempat baru, lalu ada Solo Tecno Park (STP) yang diikuti anak-anak muda," ungkap Jokowi.

3. Bukan merupakan program Jokowi

Jokowi Ajak Keluarga Kunjungi Solo Safari, 3 Hari Sebelum Soft OpeningPresiden Jokowi bersama keluarga di Solo Safari. (Biro Pers Setpres/Muchlis Jr)

Ditanya soal program revitalisasi apakah melanjutkan program yang belum terealisasi, Mantan Wali Kota Solo tersebut mengaku revitalisasi Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) bukanlah programnya saat ia masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

"Nggak, saya nggak punya (program seperti itu). Saya hanya melihat-lihat, ada yang ingin ditunjukin (sama pak Wali Kota Solo), ya saya datangi," pungkasnya.

4. Jan Ethes berinteraksi langsung dengan hewan

Jokowi Ajak Keluarga Kunjungi Solo Safari, 3 Hari Sebelum Soft OpeningJan Ethes naik kuda di Solo Safari. (Biro Pers Setpres/Muchlis Jr)

Sementara itu, cucu pertama Presiden Jokowi, Jan Ethes Srinarendra yang ikut dalam kunjungan tersebut, mengaku saat di dalam ia bisa melihat banyak hewan-hewan seperti walabi. Ia pun senang bisa memberi makan burung Blue and Gold Macau dan berinteraksi dengan ular piton albino.

"Tak pengang ular, enggak takut (ular aku)," ujar Jan Ethes.

Untuk diketahui, Solo Safari sendiri rencananya akan soft openning pada tanggal 27 Januari 2023.

Baca Juga: Solo Keroncong Festival Wujud Pengembangan Kearifan Lokal di Solo

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya