Jokowi Beri Sepeda Pelajar di Sukoharjo yang Takut Vaksin COVID-19

Presiden Jokowi juga bagi-bagi kaos

Surakarta, IDN Times - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Iriana Joko Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk pelajar di SMA Negeri 1 Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Senin (13/9/2021). Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga membagikan sepeda dan kaos.

1. Bagi sepeda ke siswa

Jokowi Beri Sepeda Pelajar di Sukoharjo yang Takut Vaksin COVID-19Presiden Jokowi tinjau vaksinasi di SMA N 1 Kartasura. Dok /Biro Pers Sekretariat Presiden

Saat melakukan tinjauan vaksinasi, Jokowi membagikan sepeda kepada salah satu murid yang takut divaksinasi. Husnaini Martawijaya (17), siswi kelas XII IPA 2 itu menceritakan awalnya mendapat sepeda dari Jokowi. Ia mengaku spontan mengangkat tangan saat Jokowi bertanya kepada para pelajar yang sedang mengantri vaksin COVID-19.

"Jadi Pak Jokowi tanya siapa yang takut disuntik, saya lalu spontan angkat tangan, terus ditanyain kenapa takut jarum suntik gitu? Ya sudah, saya jawab saya dulukan pernah sakit terus diinfus. Diinfus itu salah masuk terus sampe 3 kali, yaudah gara-gara itu ga suka jarum suntik lagi," ungkapnya.

Husnaini mengaku tak menyangka jika mendapat sepeda dari Jokowi saat akan meninggalkan lokasi. Ia bahkan merasa tidak senang mendapat sepeda dari Jokowi, lantaran harus disuntik.

"Kaget tapi nyebeli, itu kan aib. Aku kan gak suka sama jarum, antara senang sama malu sih," jelasnya.

Baca Juga: 10 Mahasiswa UNS Solo Ditangkap Bawa Poster Kritik Jokowi: Gak Izin

2. Jokowi bagi-bagi kaos ke warga

Jokowi Beri Sepeda Pelajar di Sukoharjo yang Takut Vaksin COVID-19Presiden Jokowi membagikan kaos kepada warga di Kartasura, Sukoharjo. IDN Times/Larasati Rey

Tak hanya membagi sepeda, Jokowi juga membagikan kaos bergambarkan dirinya saat akan meninggalkan kawasan SMAN 1 Kartasura. Kaos tersebut dibagikan kepada warga yang sejak Pagi menunggu kedatangannya di pinggir jalan Solo--Yogyakarta.

Warga banyak yang membawa anak dan saling berteriak menyebut nama Jokowi. Salah seorang warga Fernando Fituasia (30) senang mendapatkan kaos dari Jokowi. Ia sengaja menunggu kedatangan Jokowi sejak pukul 08.00 WIB.

"Ya tadi berebut dengan warga lain, karena kaosnya terbatas, nanti dipakai sendiri," ungkapnya.

3. Percepat pelaksanaan PTM

Jokowi Beri Sepeda Pelajar di Sukoharjo yang Takut Vaksin COVID-19Presiden Jokowi dan Ibu Iriana saat hendak meninggalkan SMA N 1 Kartasura. IDN Times/Larasati Rey

Pada kunjungan tersebut, Jokowi juga menyapa peserta vaksinasi pelajar di sejumlah lokasi lainnya di seluruh Indonesia melalui konferensi video secara virtual. Jokowi mengatakan jika vaksinasi massal juga dilakukan di 10 provinsi di Indonesia. Sebanyak 58 ribu pelajar divaksinasi serentak pada Senin (13/9/2021). Hal itu dilakukan agar para pelajar tetap sehat, terlindungi, dan bisa segera mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM).

"Jadi kalau sudah divaksinasi segerakan untuk melakukan pembelajaran tatap muka terbatas. Yang paling penting sudah berada di level 3 atau 2. Kalau masih level 4 jangan dulu. Seluruh Kepala Sekoalah kejar bapak ibu bupati dan wali kota untuk vaksinasi pelajar kita agar segera diselesaikan. pihak-pihak terkait juga TNI Polri bisa bantu. Yang penting keceptanan vaksinasi untuk pelajar murid segera dapat di selesaikan agar bisa segera melaksanakan PTM," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Kartasura, Dwi Ari Listyani mengatakan vaksinasi di sekolahnya diikuti oleh 3.000 pelajar dari 8 sekolah. Vaksinasi dilakukan secara bergelombang dan bergilir.

"Ada 3000 pelajar dari 8 sekolah, SMA 1 k
Kartasura, SMA 2 Kartasura, SMK Pelayaran, SMK Harapan, SMA Muhammadyah Al Kausar, SMK Muhammadiyah, SMK Pawira Marta, dan SMK IT, dipusatkan disini," pungkasnya.

Baca Juga: Kisah Tukang Becak yang Rela Tunggu Presiden Jokowi Sejak Pagi di Solo

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya