Kanjeng Pangeran Gibran, Gelar Bangsawan Dari PB XIII Keraton Solo

Dapat nama Widura, ini arti gelar Gibran 

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mendapat gelar kebangsawanan dari Paku Buwono (PB) XIII Keraton Surakarta Hadiningrat, Senin (20/9/2021). Pemberian gelar sendiri dilakukan di kompleks Keraton Surakarta Hadiningrat.

Baca Juga: Nadiem dan Gibran Angkat-angkat Meja saat Tinjau PTM di Solo

1. Gelar diterima usai Gibran tinjau vaksinasi.

Kanjeng Pangeran Gibran, Gelar Bangsawan Dari PB XIII Keraton SoloGibran Rakabuminv meninjau vaksinasi di Keraton Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Pemberian gelar dilakukan secara pribadi oleh Sinuhun PB XIII di Sasana Parasdya kompleks Keraton Surakarta Hadiningrat. Gibran dianugerahi gelar Kanjeng Pangeran (KP) Gibran Rakabuming Widuranagara.

Saat diundang ke keraton, Gibran masih mengenakan seragam Satpol PP setelah sebelumnya memimpin apel di Pedaringan. Usai acara tersebut Gibran memang menghadiri acara vaksinasi di Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Surakarta yang diadakan bersama Salim Grup.

2. Gelar diberikan langsung dari PB XIII

Kanjeng Pangeran Gibran, Gelar Bangsawan Dari PB XIII Keraton SoloGibran Rakabuming usai menerima gelar dari Keraton Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Pengageng Parentah Keraton Surakarta, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Dipokusumo mengatakan pemberian gelar sudah direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya.

"Beliau mendapatkan gelar dari sinuhun. Asmone ( namanya) ini Kanjeng Pangeran (KP) Gibran Rakabuming Widuranagara," ujarnya saat ditemui usai pemberian gelar di Kori Kamandungan.

Menurutnya, pemberian gelar tersebut menjadi tradisi keraton pewaris dinasti Mataram itu. Dimana penerima gelar dianggap memiliki kepedulian terhadap keraton maupun budaya Jawa serta memiliki pengaruh, seperti wali kota Solo tersebut.

"Nama Widura ini harapan kita bisa melekat pada mas Gibran. Bisa ngayomi, ngayemi (membahagiakan) pada masyarakat,” katanya.

3. Dapat arahan dari Raja Solo

Kanjeng Pangeran Gibran, Gelar Bangsawan Dari PB XIII Keraton SoloGibran Rakabuming berfoto dengan prajurit Keraton Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Sementara itu, Gibran Rakabuming mengaku pemberian gelar kebangsawanan tersebut diberikan secara tak terduga kepadanya.Gibran juga memaparkan pada saat pemberian gelar, juga sempat bertemu dengan Raja Solo dan mendapat beberapa arahan dari PB XIII.

“Tadi ketemu sebentar dengan Sinuhun. Sinuhun tadi memberikan beberapa arahan ke saya. Beliau berharap kawasan keraton ini bisa lebih tertata lagi. Dan beliau mempercayakannya kepada saya,” pungkas Gibran.

Baca Juga: Penangkapan 10 Mahasiswa UNS Bawa Poster Jokowi, Gibran Telepon Rektor

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya