Keraton Solo dan Pura Mangkunegaran Jadi Venue Royal Dinner G20

Kedua tempat memiliki herritage yang tinggi

Surakarta, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta telah memilih dua pusat kebudayaan yakni Keraton Kasunanan Surakarta dan Pura Mangkunegaran sebagai salah satu tempat untuk kegiatan G20. Pelaksanaan G20 di Solo sendiri akan berlangsung pada tanggal 29 - 31 Maret 2022 mendatang.

Baca Juga: 6 Potret GPH Bhre Cakrahutomo Saat Dinobatkan Sebagai Mangkunegara X

1. Dijadikan lokasi Royal Dinner

Keraton Solo dan Pura Mangkunegaran Jadi Venue Royal Dinner G20Gibran Rakabuming, temui KGPAA Mangkunegara X di Pura Mangkunegaran, Senin (21/03/2022). (IDN Times/Larasati Rey)

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan akan menggunakan venue Pura Mangkunegaran sebagai lokasi Royal Dinner bagi para tamu peserta G20 yang hadir di Kota Solo. Royal dinner sendiri akan digelar di akhir acara G20.

"Royal Dinner G20 nanti di Pura Mangkunegaran, itu 31 Maret 2022," terangnya Rabu (23/03/2022).

Gibran mengatakan dipilihanya Pura Mangkungeran sebagai lokasi Royal Dinner karena memiliki herritage yang tinggi, selain itu Pura Mangkunegaran juga menjadi salah satu destinasi wisata Kota Solo.

Gibran bahkan telah bertemu dengan Gusti Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo (KGPAA Mangkunegara X) untuk mengecek kesiapan tempat.

"Sudah siap semua persiapannya, termasuk di Pura Mangkunegaran. Jadi tenang saja, tidak ada masalah," katanya.

2. Tempat-tempat herritage jadi sasaran.

Keraton Solo dan Pura Mangkunegaran Jadi Venue Royal Dinner G20Dok. IDN Times

Selain Pura Mangkunegaran, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat nantinya juga akan menjadi salah satu lokasi G20. Dua pusat kebudayaan di Solo tersebut diharapkan mampu memberikan gambaran serta pengalaman baru bagi para tamu undangan yang berasal dari berbagai negara.

Lebih lanjut, Gibran mengatakan jika event G20 akan digelar beberapa kali di Kota Solo. Hal ini memungkinkan untuk memilih sejumlah lokasi yang nantinya menjadi tempat penyelenggara.

"Nanti juga ada beberapa lokasi lain, komunikasi dengan Dirjen yang ditugasi G20 terus dilakukan. Lokasi-lokasi mana nanti sambil jalan," kata Gibran.

"Even G20 itu kan bukan cuma sekali saja, saya hitung Maret ada, Juni ada, dan Agustus juga ada. Jadi nanti semuanya kepakai kok, kalau untuk budaya jelas fokus di Keraton Kasunanan dan Pura Mangkunegaran," imbuhnya.

3. Sajikan hiburan wayang dan tarian.

Keraton Solo dan Pura Mangkunegaran Jadi Venue Royal Dinner G20Latihan tari Bedhaya Anglir Mendhung di Pura Mangkunegaran. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, KGPAA Mangkunegara X mengatakan adanya event G20 di Pura Mangkunegaran ini memberikan kesempatan untuk memperkenalkan kebudayaan yang ada di Pura Mangkunegaran. Karena para peserta G20 itu dari berbagai negara.

"Justru ini jadi kesempatan yang baik dan tepat untuk memperkenalkan kebudayaan di Mangkunegaran. Kan pesertanya dari mancanegara," jelasnya.

Ia mengaku telah mempersiapkan sejumlah pertunjukan diantaran tarian dan wayang untuk menghibur para tamu undangan yang hadir.

"Bagaimana pun Pura Mangkunegaran sebagai pusat kebudayaan, jadi harus diperkenalkan. Nanti akan ada tarian dan mungkin wayang juga, untuk kepastiannya ditunggu saja," pungkasnya.

Baca Juga: PLN Amankan Listrik 11 Lokasi ETWG G20 di Jateng dan DI Yogyakarta 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya